PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BAGI CALON PENDIDIK FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.890Keywords:
bahan ajar, calon pendidik fisika, e-modul interaktifAbstract
Implementasikan e-modul dalam eksperimen telah banyak dilakukan, namun hanya sedikit penyelenggara pengabdian masyarakat yang telah melaksanakan pelatihan e-modul interaktif, khususnya di bidang fisika. Pelatihan ini menggunakan data deskriptif kualitatif melalui angket terbuka. Sampel yang diadaptasi dalam penelitian ini adalah calon pendidik fisika semester aktif yang berjumlah 54 siswa. Pelatihan dilakukan di IKIP Nurul Huda Sukaraja. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta belum pernah membuat e-modul interaktif dan tertarik untuk membuat e-modul interaktif. Selain itu, beberapa peserta mengalami kendala saat membuat e-modul interaktif, salah satunya pada penyusunan dan perancangan e-modul interaktif. Meski begitu, para peserta merasa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menunjang pembelajaran fisika dan menunjang pembuatan bahan ajar selanjutnya saat menjadi tenaga pendidik.References
Albantani, A. M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyat, 2(2), 178–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/a.v2i2.2127
Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Laerning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 149–154.
Hurtado-Bermúdez, S., & Romero-Abrio, A. (2020). The effects of combining virtual laboratory and advanced technology research laboratory on university students’ conceptual understanding of electron microscopy. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1821716
Kemendikbud. (2018). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Kurikulum 2013.
Larasati Zahro, U., Serevina, V., & Made Astra, I. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 63–68.
Matsun, Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(1), 99–107.
Mawardi, K., Dewi, E. S., Asmah, S., Pratiwi, T. N., Sari, U. I., Putra, F. G., & Widayanti, W. (2019). Developing Islamic-Nuanced Linear Algebra Module with Guided-Inquiry approach in the Matrix Material. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012080
Mustaqim, R. A. (2014). Kesiapan Sekolah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 12–20.
Rezeki, S., & Ishafit. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29–34.
Risdianto, E., Dinissjah, M. J., Nirwana, & Kristiawan, M. (2020). The effect of Ethno science-based direct instruction learning model in physics learning on students’ critical thinking skill. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 611–615. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080233
Riza, M., Firmansyah, R. A., Zammi, M., & Djuniadi. (2020). Pengembangan modul kimia berbasis kearifan lokal Kota Semarang pada materi larutan asam dan basa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 25–38. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1025
Sari, B. S. K., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.279
Sari, N. P., Suhirman, S., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa Kelas VII SMP. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 63–74. https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.554
Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130
Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul Dinamika Partikel Terintegrasi Permainan Tradisional Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 292–299.
Sholihah, N., & Kartika, I. (2018). Pengembangan Modul IPA Terintegrasi dengan Ayat Al qur ’ an dan Hadis. Lentera Pendidikan, 21(1), 12–22.
Sobiruddin, D., Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Satriawati, G. (2020). Pendampingan Bagi Guru RA di Pandeglang-Banten dalam Memanfaatkan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1892
Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Journal of Natural Science Education Research, 1(1), 28–39.
Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikuum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuain Perusahaan Jasa SIswa Kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Surabaya. UNESA, 1–9.
Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10(24), 13–18.
Widayanti, Yuberti, Irwandani, & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 06(01), 24–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908
Wina, D. ., Hindarto, N., & Prasetyo, A. P. . (2017). Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 1–11.
Wulandari, S. R., Suyanto, E., & Suana, W. (2016). Modul Interaktif Dengan Learning Development System Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 22–34.