PELATIHAN TERAPI SENSORI INTEGRASI LEVEL BASIC UNTUK GURU MADRASAH INKLUSI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v3i2.731Keywords:
terapi sensori integrasi, level basic, madrasah inklusiAbstract
Kemampuan guru dalam memberikan layanan belajar terhadap anak berkebutuhan khusus belum maksimal, salah satunya dalam mengatasi hambatan belajar anak tuna grahita. Berdasarkan studi pendahuluan sebagian besar guru belum memiliki kompetensi untuk mengatasi hambatan belajar anak tuna grahita. Maka dari itu perlu diadakan pelatihan terhadap guru melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Pelatihan yang diberikan adalah terapi sensori integrasi level basic. Tujuan kegiatan ini adalah agar guru mampu memberikan treatment yang efektif dalam mengatasi hambatan belajar anak tuna grahita. Lokasi pelatihan di MI NW Tanak Beak, salah satu Madrasah inklusi di kabupaten Lombok Barat. Metode pemecahan masalah yang diberikan yaitu sosialisasi, edukasi dan simulasi. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah menerapkan treatment terapi sensori integrasi secara mandiri dalam proses pembelajaran di kelas. Setelah kegiatan pelatihan selesai para guru diharapkan dapat menerapkan terapi sensori integrasi secara mandiri dengan baik sehingga hambatan belajar yang dialami anak tuna grahita dapat teratasiReferences
Ainnayyah, Refiana, Rohma Isni Maulida, Amelia Astian Ningtyas, and Istiana Istiana. 2019. “Identifikasi Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Interaksi Sosial.†JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 3(1):48–52.
Fedulova, Inna, Valentina Ivanova, Olga Atyukova, and Vladimir Nosov. 2019. “Inclusive Education as a Basis for Sustainable Development of Society.†Journal of Social Studies Education Research 10(3):118–35.
Idris, Nurwahyuni and Fitriani. 2018. “Sosial Skill Analysis In Children With Special Needs.†6:143–49.
Indah, Avrima Nur and Siti Masitoh. 2013. “Sensory Integration Terhadap Kemampuan Bicara Anak Tunagrahita Sedang.†Jurnal Pendidikan Khusus 3(3):1–6.
Komariah, Fitri. 2018. “Program Terapi Sensori Integrasi Bagi Anak Tunagrahita Di Yayasan Miftahul Qulub.†INKLUSI 5(1):45–72.
Mayasari, Mayasari. 2016. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.†INKLUSI 3(1):1–18.
Pujaningsih, Pujaningsih. 2019. “Penyiapan Calon Guru Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Indonesia: Kondisi Saat Ini Dan Tantangan.†JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 15(1):24–33.
Sriwarthini, N. Putu Nina, K. Sri Kusuma Wardani, Aisa Nikmah Rahmatih, Nurwahidah, and Fitri Puji Astria. 2020. “Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Implementasi Program Pendidikan Inklusif Di SDN 20 Mataram.†Progres 1(2):106–14.
Waiman, Elina, Hartono Gunardi, Rini Sekartini, and Bernie Endyarni. 2011. “Sensori Intergrasi : Dasar Dan Efektifitas Terapi.†Sari Pediatri 13(2):129–36.
Wardah, Erika Yunia. 2019. “Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (PLB) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang.†JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 2(2):93–108.
Wardani, K. Sri Kusuma, Ni Luh Putu Nina Sriwarthini, Aisa Nikmah Rahmatih, Fitri Puji Astria, and Nurwahidah. 2020. “Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN 20 Mataram.†Progres Pendidikan 1(2):99–105.
Widodo, Arif. 2020a. “Penyimpangan Perilaku Sosial Ditinjau Dari Teori Kelekatan Bowlby (Studi Kasus Terhadap Anak Tenaga Kerja Wanita Di Lombok Barat).†ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial 2(1):35–50.
Widodo, Arif. 2020b. “Proses Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Madrasah Inklusi ( Studi Deskriptif Di MI NW Tanak Beak Lombok Barat ).†JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 3(1):27–38.
Widodo, Arif, Linda Feni Haryati, Mohammad Archi Maulyda, Umar, and Muhammad Erfan. 2020. “Proses Identifikasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di MI NW Tanak Beak Kabupaten Lombok Barat.†Progres Pendidikan 1(2):63–71.
Widodo, Arif, Dyah Indraswati, Deni Sutisna, Nursaptini Nursaptini, and Setiani Novitasari. 2020. “Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok.†JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 3(2):102–16