EDUKASI GURU SD DALAM PENULISAN BUKU CERITA BERBASIS BUDAYA BUGIS MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v2i2.376Abstract
Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada guru SD dalam penulisan buku cerita berbasis budaya bugis Makassar. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu metode ceramah dan tanya jawab, demonstrasi, dan pelatihan atau praktik penulisan atau tutorial. Adapun pelaksanaan kegiatan meliputi pemaparan materi (teori) terkait penulisan buku cerita, pengenalan budaya bugis Makassar, pengenalan cerita berbasis budaya dan praktek penulisan cerita berbasis budaya bugis Makassar, kemudian dilakukan pendampingan praktek penulisan buku cerita berbasis budaya bugis Makassar. Output kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan buku cerita berbasis budaya bugis Makassar
Â
Kata kunci : Edukasi, Buku cerita berbasis budaya Bugis Makassar
References
Ahyani, Lathifa Nur. 2010. Metode Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, Vol. 1 No. 1. Di Download 16 Agustus 2018 Pukul 13.00.
(http://journal.umk.ac.id/index.php/jpsikolog/article/viewFile/201/210).
Departemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hafiar, Hanny dkk. 2017. Artikel: Pengadaan Media Literasi melalui Cerita Bergambar dalam Mengenalkan Dunia Disabilitas kepada Anak Usia Dini.
https://jagad.id/definisi-budaya-lokal-dan-contoh/ Kamis 04 Oktober 2018.