PELATIHAN ROBOT SEDERHANA UNTUK TINGKATKAN LOGIKA BERFIKIR SISWA DI SMKN 2 PINRANG

Authors

  • Muh. Agus Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Indar Chaerah Gunadin Universitas Hasanuddin
  • Putri Ayu Maharani Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Naili Suri Intizhami Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Eka Qadri Nuranti Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Mardhiyyah Rafrin Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Muh. Ikhsan Amar Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Muhammad Irsyad Erlangga Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Muhammad Fadel Hasyim Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Rafdah Pritama Saputri Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Elisabeth Tri Juliana Kandakon Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Risnawati Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v7i2.3555

Keywords:

Logika Matematika, Pemrograman, Arduino, Robot Sederhana

Abstract

Kegiatan pengabdian ini menawarkan solusi dengan mengajak siswa/siswi UPT SMK Negeri 2 Pinrang untuk belajar pemrograman. Melalui pembelajaran ini, siswa/siswi dilatih untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah dengan metode terstruktur yang berfokus pada pengembangan robot sederhana. Hal ini sesuai dengan kebutuhan siswa/siswi di sekolah mitra, baik yang telah memiliki dasar pemrograman maupun yang belum, serta sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan ujian dan kehidupan setelah lulus sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode pelatihan dan pendampingan langsung dirangkaian dengan test dan lomba. Pelaksanaan pre-test dan pemberian materi logika matematika serta pemrograman Arduino sebagai dasar untuk praktikum pembuatan robot sederhana, dilanjutkan dengan post-test dan lomba. Terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 50,57% pada pre-test menjadi 63,4% pada post-test, dengan peningkatan sebesar 12,83%. Lomba tersebut menghasilkan tiga siswa dengan waktu tercepat dalam merangkai komponen robot. Diharapkan materi yang telah diberikan dapat memberdayakan siswa/siswi untuk menjadi pencipta teknologi yang berharga setelah mereka menyelesaikan pendidikan mereka

References

Adha, S. M., & Rahaju, E. B. (2020). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis. JPPMS Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 61–71. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p61-71

Agus, Muh., Akhsa, A. T. P. D., & Yunus, S. R. (2023). Perancangan Sistem Pemberian Nutrisi Tanaman Sayuran Hidroponik Otomatis Berbasis Arduino. Jurnal Fokus Elektroda: Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika dan Kendali, 8(4), 248–258. https://elektroda.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/138/60

Agus, Muh., Ayu Maharani, P., & Rafrin, M. (2023). Perancangan Sistem Pemantauan Kelembaban Tanah,Udara dan Suhu pada Tanaman Bawang Merah Menggunakan IoT. Prosiding Seminar Nasional SISFOTEK, 7(1), 102–108. https://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/418/350

Andanny, A. T., & Ramdan, S. D. (2022). Line Folower Arduino Uno. Jurnal Repoteknologi, 2(3), 1–10. http://repoteknologi.id/index.php/repoteknologi/article/view/101/111

Banzi, Massimo., & Shiloh, Michael. (2015). Getting started with Arduino (3rd ed.). Maker Media. https://books.google.co.id/books/about/Getting_Started_with_Arduino.html?id=nYLmoAEACAAJ&redir_esc=y

Intizhami, N. S., Gunadin, I. C., Nuranti, E. Q., Maharani, P. A., Rafrin, M., Agus, Muh., Al Ghozy, O. I., Bahar, N. I., Jefri, M. R., & Alfatih, M. A. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz dan Google Slide bagi Guru SMAN 5 Parepare. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(4), 832–839. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i4.9218

Jusuf, A. K., & Agus, M. (2023). Penerapan Sistem Tracking Berbasis GPS Pada Alat Pendeteksi Alkohol Terintegrasi Dengan Arduino Untuk Pengemudi Mobil Penumpang Umum. Journal of System and Computer Engineering.

Kalsum, T. U., Khairil, & Handayani, Y. S. (2019). Implementasi Robot Line Follower bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer dan Sains 2019, 1(1), 33–40. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/sintaks/article/view/804/632

Lajiba, S. B. S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa pada Materi Logika Matematika. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 11–24. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.161

Lestari, M., Subanji, & Irawati, S. (2022). Analisis Kemampuan Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Matriks. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 550–562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4577

Maharani, P. A., Gunadin, I. C., Intizhami, N. S., Nuranti, E. Q., Rafrin, M., Agus, Muh., Iskandar, M. F., Yunus, S. R., Al-Fauzi S., M. F., & Tunru, Muh. A. (2024). Pelatihan MIT App Inventor sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMAN 4 Parepare. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(1), 161–169. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i1.9786

Nabila, H., Muliati, A., & Talib, A. (2023). The Effectiveness of Using Quizizz to Improve the Students’ Vocabulary. Journal of Excellence in English Language Education, 3(4), 499–506. https://doi.org/ojs.unm.ac.id/JoEELE/index

Putri, A., & Maspiyanti, F. (2017). Robot Line Follower Pengantar Surat Menggunakan Metode Fuzzy Logic Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Pancasila. Jurnal Teknologi Terpadu, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54914/jtt.v3i1.76

Rafrin, M., Agus, Muh., & Maharani, P. A. (2024). IoT-Based Irrigation System Using Machine Learning for Precision Shallot Farming. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 8(2), 216–222. https://doi.org/10.29207/resti.v8i2.5579

Rahayu, I. S. D., & Purnawarman, P. (2019). The Use of Quizizz in Improving Students’ Grammar Understanding through Self-Assessment. Atlantis Press Proceedings of the Eleventh Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2018), 254, 102–106. https://doi.org/10.2991/conaplin-18.2019.235

Scherer, R., Siddiq, F., & Sánchez-Scherer, B. (2021). Some Evidence on the Cognitive Benefits of Learning to Code. Frontiers in Psychology, 12, 1–5. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.559424

Sidin, U. S., Bakri, H., & Azlina, N. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Module Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Berbasis Android di SMK Negeri Pinrang. Jessi Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 3(1), 65–73. https://doi.org/ojs.unm.ac.id/JESSI/index

Susanti, H., Said, H. B., & Aisyah. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Siswa Yang Memiliki Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak Dalam Menyelesaikan Masalah Logika Matematika Kelas XI SMA Negeri I Tungkal Ulu. PHI?: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.33087/phi.v1i1.11

Widiati, Y., Kamid, & Anggerein, E. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Materi Operasi Aljabar di kelas VII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2), 83–90. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1951

Yanti, D. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Kegiatan Fun Cooking. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPP PAUD UNTIRTA), 3(1), 1–80. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v3i1.4603

Downloads

Published

2024-11-18

Issue

Section

Articles