SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENYIKAPI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENINGKATAN KOMPETENSI GURU

Authors

  • Siti Nursyamsiyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Muh Iman Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v7i1.3253

Keywords:

Model Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Kebijakan, Kompetensi Guru

Abstract

Terbitnya kebijakan perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka berdampak pada perubahan segala aspek. Aspek pembelajaran mengalami perubahan yang sangat signifikan. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum intrakurikuler yang bergam bentuknya. Guru diberikan keleluasaan menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai dengan kebutuhan minat siswa. Namun kenyataannya di SD Muhamamdiyah, model guru dalam mengajar masih monoton dilakukan komunikasi satu arah guru dan murid. Hal ini dikarenakan pengetahun guru-guru terkait dengan model-model pembelajaran kurikulum merdeka belum dipahami sepenuhnya. Tujuan pelaksanaan ini mensosialisasikan pada guru-guru metode pembelajaran yang dituntut dalam kurikulun Merdeka. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu metode survei lokasi, diskusi dengan mitra, sosialisasi model-model pembelajaran, pendampingan penyusunan RPP dan media pembelajaran yang digunakan. Setelah selasai dilakukan pemantauan dan evaluasi bekerjasama dengan kepala sekolah. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah siswa menjadi lebih aktif serta terwujudnya pembelajaran yang efisien dan efektif dan meningkatnya minat dan motivasi belajar siswa.

References

Aditomo, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka tetap Berjalan Sesuai Rencana. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/implementasi-kurikulum-merdeka-tetap-berjalan-sesuai-rencana

Akamca GO, Ellez AM, H. H. (2009). Effect of Computer Aided Concept Cartoon on Learning Outcomes. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1, 296–301. https://www.researchgate.net/publication/251513796_Effects_of_computer_aided_concept_cartoons_on_learning_outcomes

Akhmadi, A. (2015). Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Masa Depan. Araska.

Alawiyah, T. (2023). Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Swara Pendidikan. https://swarapendidikan.co.id/model-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka/

Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills?: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, (2016). https://peraturan.bpk.go.id/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016

Kalyani, D. & Rajasekaran, K. (2018). Innovative Teaching and Learning. Journal of Applied and Advanced Research. Journal of Applied and Advanced Research, 3(1), 23–25.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., &, & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. file:///C:/Users/UPT PDI/Downloads/2589-9181-1-PB.pdf

Miller, G. A. (2003). The Cognitive Revolutation: A Historical Perspective. TRENDs in Cognite Sciences, 7(3).

Ngalimun. (2017). Strategi pembelajaran. Parama Ilmu.

Nursyamsiyah, S., & Herlambang, T. (2023). Edukasi Pembelajaran Saintifik Pada Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah As Shofa. Journal of Comunity Develpment, 4(1), 65–71. https://comdev.pubmedia.id/index.php/comdev/article/view/151/94

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI, 92–106.

Rahmasyah, M. F. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning: Teori riset dan praktek. Nusa Media.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.

Syihabuddin, A. A., Nursyamsiyah, S., & Putra, D. W. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 1(1), 1–9. https://edu.pubmedia.id/index.php/pjpi/article/view/28/23

Yandri, A. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Inovasi Merdeka Belajar. Direktorat Guru Pendidikan dasar. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/peran-guru-dalam-menghadapi-inovasi-merdeka-belajar

Downloads

Published

2024-06-09

Issue

Section

Articles