PENYULUHAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KAWASAN PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA DI SEBATIK
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v7i1.3237Abstract
Pengabdian masyarakat merupakan instrumen penting dalam perubahan sosial yang signifikan di tingkat lokal. Mitra pada kegiatan ini adalah para pelaku UMKM di wilayah Sebatik Kabupaten Nunukan. Fokus pada pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia menjadi sorotan utama dalam konteks ini. Melalui penyuluhan dan pelatihan praktis, para pelaku UMKM diberdayakan untuk memahami dan mengimplementasikan strategi pemasaran digital guna meningkatkan visibilitas bisnis mereka. Metode pelaksanaan berupa Penyuluhan dan sosialisasi. Hasil Kegiatan Pengabdian ini sangat menginspirasi untuk menyeleraskan kegiatan praktis dengan konsep teoritis, seperti adopsi teknologi dan partisipasi masyarakat dalam konteks perubahan sosial. diharapkan mereka menjadi masyarakat yang paham dengan dunia digital. Tujuan lainnya kemungkinan mereka dapat mengevaluasi terhadap keberlanjutan dari perubahan yang telah dicapai dan identifikasi tantangan serta peluang di masa depan menjadi fokus utama dalam mengeksplorasi dampak dan implikasi lebih lanjut dari kegiatan pengabdian ini.
References
Abdurrahman, L. N. (2021). Strategi Optimalisasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Punggul Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Abdi Bhayangkara, 19, 948–954. http://ejournal.lppm.ubhara.id/index.php/jurnal_abdi/article/view/147%0Ahttp://ejournal.lppm.ubhara.id/index.php/jurnal_abdi/article/download/147/133
Ahmatang, & Sari, N. (2022). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha dimediasi keunggulan bersaing pada UMKM di pulau Sebatik. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 492–500. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.11581
Apriadi, D., Nurul Hidayat, Nizhamuddin AB, Ahmatang, & Sudarto. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.61457/jumpa.v1i1.2
Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610
Awang Surya, & Wilarso. (2022). Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi. Wikrama Parahita?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3524
Erick Karunia, Juliana, A., Syahran, Ahmatang, Hidayat, nurul, Hasyim, budi, Aziz Muh. Irfandy, & Shalahuddin. (2021). Digital Marketing Training for UMKM of Tarakan City. International Journal Of Community Service, 1(2), 189–200. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.3
Febriani, R. (2018). Penyuluhan Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Keripik Ciping Desa Sukawana Curug Kota Serang. 3(2), 194–202. https://www.iimers.com/data-perkembangan-digital-di-indonesia-tahun-2021/
Hayurani, H., Purwaningsih, E., Budilaksono, S., M. Rafly Afrizal Pratama, Dian Purnama Sari, Fathur Rizqy, Martha Riskiaty, Hafidz Putra Herlyansyah, Rio Griya Putra, & Rogo Subandono. (2023). Peningkatan Kualitas Layanan Desa Berbasis Digital Marketing bagi Komersialiasi Produk Desa Tertinggal Seuat Jaya Serang. Info Abdi Cendekia, 6(2), 38–46. https://doi.org/10.33476/iac.v6i2.118
Mirani, D., Aryansah, J. E., Musdalifah, F. S., Abror, M. Y., & Murti, K. (2022). MSMEs’ go digital assistance as an effort to support MSMEs’ upgrading program in Banyuasin Regency. Community Empowerment, 7(4), 650–659. https://doi.org/10.31603/ce.6266
Nizhamuddin AB, Ahmad Juliana, Dodi Apriadi, Sudarto, & Muhammad Tharmizi Junaid. (2022). Edukasi Pendampingan Usaha Dan Pengolahan Hasil Perikanan Desa Tana Merah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.61457/jumpa.v1i1.4
Putri, E. P. (2022). Penyuluhan Strategi Pengembangan Bisnis Umkm Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Universitas, 204–212.
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Suwandi, Wardah, S. S., Amalia, lola S., & Halawa, S. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 116–127. https://doi.org/10.59061/guruku.v1i4.501
Usino, W., Murtiningsih, D., & Wibowo, F. L. (2021). Penyuluhan Digital Marketing Pada Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Abdimas ADPI Sains Dan Teknologi, 2(2), 08–12. https://doi.org/10.47841/saintek.v2i2.236
Usman, F., Suryaningsih, Nursia, Hidayat, N., Ahmatang, & Malik, A. D. (2022). Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan. 1(1), 1–8.
Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Suluh Pembangunan?: Journal of Extension and Development, 1(2), 90–96. https://doi.org/10.23960/jsp.v1i2.20
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.