PENINGKATAN SKILL PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI SAK ETAP
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2755Keywords:
Penyusunan, Laporan Keuangan, SAK ETAPAbstract
Siswa SMK jurusan akuntansi haruslah mempunyai keahlian tambahan untuk mempunyai pemahaman menyusun laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penyusunan laporan keuangan sesuai dengan salah satu standar yang digunakan di Indonesia yakni SAK-ETAP. Peserta kegiatan pengabdian ini terdiri dari 47 orang siswa SMKÂ jurusan akuntansi. Â Tahapan kegiatan pengabdian yang dilakukan melalui observasi dan wawancara, perancangan kegiatan, persiapan materi yang akan disampaikan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Peserta menunjukan antusiasme dan aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh narasumber. Setelah mengikuti pelatihan, para siswa memperoleh peningkatan skill dalam penyusunan laporan keuangan sesuai SAK ETAPReferences
Arsjah, R. J., Banjarnahor, E., Pohan, H. T., & Nugroho, H. A. (2022). Pelatihan Menyusun Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP Dan Analisis Laporan Keuangan Bagi UMKM. Jurnal Abdikaryasakti, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.25105/ja.v2i1.13596
Ayu, I., Yuliastuti, N., Sita, I. A., Putri, A., Wayan, I., Junaedi, R., Dewa, I., Arik, M., Putra, P., Junaedi, W. R., & Denpasar, U. M. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Artha Wiguna I Dewa Made Arik Permana Putra 4) 1),2),4). In Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar (Vol. 2, Issue 1). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/dharmajnana/about
Erawati, T., & Setyaningrum, L. (2021). Pengaruh Lama Usaha dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.449
Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta: Salemba Empat.
Lohanda, D., & Mustikawati, Rr. I. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan terhadap Pelaporan Keuangan UMKM. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi , 6(5).
Marcel Kusuma, G. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penerapan Akuntansi Pada Aset Tetap Berdasarkan SAK ETAP. Suluh Abdi, 3(1), 61. https://doi.org/10.32502/sa.v3i1.4144
Murniasih, T. R., & Ferdiani, R. D. (2018). Pelatihan Smart Diagram Venn Pada Materi Himpunan SMP. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 125. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1246
Rejeki, SE. , Ak. , M. Ak. , Hj. D., & Julyanda, I. (2018). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Ukuran Usaha, Lama Usaha Dan Latar Belakang Pendidikan Atas Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada UKM di PIK Pulogadung). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 5(1). https://doi.org/10.35137/jabk.v5i1.179
Salamah, I.-, Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2197
Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., & Setioningsih, R. (2022). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.4
Sulistiani, H., Hamidy, F., Suaidah, S., Mersita, R., Yunita, Y., & Ismi HS, Y. (2022). Pelatihan Penerapan Accurate Accounting Software Bagi Siswa Jurusan Akuntansi Di SMKN 1 Padang Cermin. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 192. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2038