QR CODE BOOK: MELATIH KEMAHIRAN BAHASA INGGRIS SISWA SMP CHARIYATHAMSUKSA FOUNDATION SCHOOL THAILAND
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2734Keywords:
Media, QR Code, Bahasa InggrisAbstract
Kesulitan yang dihadapi siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris lebih tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan jarangnya mereka menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan dan minimnya pemahaman ketika mendengar dari lawan bicara saat conversation. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pendampingan secara intensif kepada siswa sekolah menengah ChariyathamSuksa Foundation School Thailand dengan mengoptimalkan pemanfaatan media buku berbasis QR Code dalam pembelajaran Bahasa Inggris, Pendampingan ini perlu dilakukan dengan melihat. Untuk itu pengabdian ini fokus terhadap pendampingan pembelajaran siswa dimana para siswa akan diberikan pengalaman interaktif dari media buku ini dibantu dengan Smart TV dan Tablet untuk mempresentasikan isi dari buku tersebut. hasil dari pengabdian ini adalah penguasaan bahasa dan kemahiran berbahasa Inggris para siswa ChariyathamSuksa Foundation School sangat meningkat yang ditunjukkan percakapan para siswa dengan tim pengabdian.References
Ani, N., Deby, R., Nugraha, M. P., & Munir, R. (2011). Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image. Konferensi Nasional Informatika – KNIF 2011, 148–155.
Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). The use of QR code on educational domain: a research and development on teaching material. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 265. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.1
Putra, Eko Kurniawanto. "Perancangan Aplikasi Inventory Barang Dengan QR Code Berbasis Android Pada Minimarket." JURNAL FASILKOM, 2022: 160-164.
Rani, Larissa Navia, Wiransyah, Dicky, Hendri, Halifia. "Sistem Perpustakaan Buku Digital Berbasis Website dan Aplikasi Telegram Menggunakan QR Code." Jurnal KomtekInfo, 2022: 61-67.
Tiwari, Sumit. "An introduction to QR code technology." International Conference on Information Technology, ICIT 2016, 2017: 39-44.
Mustakim, S., Walanda, D. K., & Gonggo, S. T. (2013). PENGGUNAAN QR CODE DALAM PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR PADA KELAS X SMA LABSCHOOL UNTAD. Jurnal Akademika Kimia, 2(4), 215–221.
Norhikmah. (2016). QR Code dalam presensi. 1–6.
Prathivi, R. (2019). Analisa Sistem Qr Code Untuk Identifikasi Buku Perpustakaan. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 14(2), 37. https://doi.org/10.26623/jprt.v14i2.1225
Suminar, D. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783.
Yuliana, D. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE MEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) (Issue 5).