PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SMP
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2654Keywords:
pelatihan, pengembangan, perangkat pembelajaran, teknologi, kurikulum merdekaAbstract
Pengabdian ini dipicu oleh kurangnya pemahaman dan keterampilan guru SMP dalam merancang serta menerapkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Misi dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru SMP dalam merancang serta menerapkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Kegiatan ini berlangsung di SMPN 6 Kota Langsa dengan melibatkan 30 guru. Kegiatan tersebut mencakup penyelenggaraan seminar dan pelatihan bagi para guru. Hasil dari upaya ini mencatatkan skor rata-rata pemahaman guru tentang kurikulum merdeka sebesar 86,37, skor rata-rata kemampuan guru dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi untuk siswa SMP sebesar 83,47, serta skor rata-rata kemampuan guru dalam menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi khusus untuk jenjang SMP sebesar 81,93. Fakta ini menegaskan bahwa para guru telah berhasil mengembangkan dan mengaplikasikan perangkat pembelajaran berbasis teknologi yang sejajar dengan kurikulum merdeka.References
Anita, Yesi, Syafri Ahmad, Zahratul Azizah, Ary Kiswanto Kenedi, and Arwin Arwin. "Pelatihan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Masa Pandemi Covid-19." Majalah Ilmiah UPI YPTK (2022): 91-96.
Aspi, Muhammad, and Syahrani Syahrani. "Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan." Adiba: Journal of Education 2, no. 1 (2022): 64-73.
Fitriyah, Chumi Zahroul, and Rizki Putri Wardani. "Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar." Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12, no. 3 (2022): 236-243.
Hamimah, Hamimah, Melva Zainil, Yesi Anita, Yullys Helsa, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar." Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (2022): 33-42.
Helsa, Yullys, and Ary Kiswanto Kenedi. "Edmodo-based blended learning media in learning mathematics." Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (JTLEE) 2, no. 2 (2019): 107-117.
Hendri, Sherlyane, Yullys Helsa, Yesi Anita, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Penilaian Otentik dan Penggunaan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar." Jurnal Halaqah 1, no. 4 (2019): 446-459.
Kenedi, Ary Kiswanto, Yullys Helsa, Yetti Ariani, Melva Zainil, and Sherlyane Hendri. "Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems." Journal on Mathematics Education 10, no. 1 (2019): 69-80.
Saleh, Meylan. "Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19." In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, vol. 1, pp. 51-56. 2020.
Supriatna, Dasep, Sitti Nadirah, Ali Rahman, Mia Aina, and Arif Saefudin. "Implementation of Merdeka Belajar Curriculum in Elementary Schools: How is Teachers' Perception?." International Journal of Education, Vocational and Social Science 2, no. 02 (2023): 30-40.
Yuhastina, Yuhastina, Bagas Narendra Parahita, Dwi Astutik, Ghufronudin Ghufronudin, and Danang Purwanto. "Sociology teachers’ opportunities and challenges in facing “Merdeka Belajar†curriculum in the fourth industrial revolution (Industry 4.0)." Society 8, no. 2 (2020): 732-753.
Zainil, Melva, Arwin Arwin, Ike Sylvia, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar sebagai Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan." Majalah Ilmiah UPI YPTK (2022): 43-47.