PELATIHAN PENGEMBANGAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yesi Anita Universitas Negeri Padang
  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Samudra http://orcid.org/0000-0003-1074-7012
  • Hamimah Hamimah Universitas Negeri Padang
  • Zahratul Azizah Universitas Negeri Padang
  • Arwin Arwin Universitas Negeri Padang
  • Sanseni Safitri Universitas Negeri Padang
  • Rizka Khairani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2652

Keywords:

pelatihan, proyek, profil pelajar pancasila, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis teknologi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis teknologi. Metode pelaksaanaan terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Solusi yang diberikan yaitu memberikan pelatihan kepada 35 orang guru sekolah dasar yang berada Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Hasil pengabdian menyatakan bahwa guru mendapatkan skor kemampuan guru mengembangkan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sebesar 88,87, skor rata-rata kemampuan guru dalam pengimplementasian P5 sebesar 85,28, dan skor rata-rata kemampuan guru dalam mengembangkan P5 berbasis teknologi sebesar 82,38. Hal ini membuktikan bahwa pelatihan yang diberikan kepada guru sekolah dasar dinyatakan berhasil. Implikasi pengabdian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam meningkatkan kualitas guru sekolah dasar.

References

Anita Y, Arwin A, Ahmad S, Helsa Y, Kenedi AK. Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Mar 24;6(1):59-68.

Anita, Yesi, Arwin Arwin, Syafri Ahmad, Yullys Helsa, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar." Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (2022): 59-68.

Anita, Yesi, Syafri Ahmad, Zahratul Azizah, Ary Kiswanto Kenedi, and Arwin Arwin. "Pelatihan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Masa Pandemi Covid-19." Majalah Ilmiah UPI YPTK (2022): 91-96.

Arwin A, Anita Y, Helsa Y, Kenedi AK, Fransyaigu R. Pelatihan Penerapan Pembelajaran Blended learning untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Mar 24;6(1):111-20.

Arwin, Arwin, Yesi Anita, Yullys Helsa, Ary Kiswanto Kenedi, and Ronald Fransyaigu. "Pelatihan Penerapan Pembelajaran Blended learning untuk Guru Sekolah Dasar." Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (2022): 111-120.

Bagaskorowati, Riana. "Upper Class Elementary School Student Engagement in Math Subject Merdeka Curricula: Post Covid Study Case in Jakarta Province Indonesia." International Journal of Elementary Education 7, no. 1 (2023).

Hamimah H, Zainil M, Anita Y, Helsa Y, Kenedi AK. Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Mar 24;6(1):33-42.

Hamimah, Hamimah, Lafziatul Hilmi, Atika Ulya Akmal, Ary Kiswanto Kenedi, and Arwin Arwin. "Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Buku Cerita Elektronik Berbasis Etno-Sosial." Majalah Ilmiah UPI YPTK (2022): 85-90.

Helsa, Yullys, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Literasi Sains Berbasis Teknologi Untuk Guru Sekolah Dasar." Jurnal Cakrawala Ilmiah 1, no. 8 (2022): 2123-2130.

Hendri, Sherlyane Sherlyane, Sherlyane Hendri, Ary Kiswanto Kenedi, Yullys Helsa, and Yesi Anita. "Elementary School Teacher Ability in Using Application Technology for Mathematics Learning Assessment in the 2013 Curriculum." In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), pp. 446-449. Atlantis Press, 2019.

Hendri, Sherlyane, Refiona Handika, Ary Kiswanto Kenedi, and Dini Ramadhani. "Pengembangan modul digital pembelajaran matematika berbasis science, technology, enginiring, mathematic untuk calon guru sekolah dasar." Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 2395-2403.

Hendri, Sherlyane, Yullys Helsa, Yesi Anita, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Penilaian Otentik dan Penggunaan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar." Jurnal Halaqah 1, no. 4 (2019): 446-459.

Irawati, Dini, Hakin Najili, Supiana Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. "Merdeka Belajar Curriculum Innovation and Its Application in Education Units." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 2 (2022): 2506-2514.

Marsidin, Sufyarma. "Strengthening Pancasila student profiles in independent learning curriculum in elementary school." International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS) 1, no. 6 (2022).

Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, and Agung Hartoyo. "Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila." Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 7840-7849.

Nahardani, Seyedeh Zahra, Mahboubeh Rastgou Salami, Zohrehsadat Mirmoghtadaie, and Mohammad Hasan Keshavarzi. "The Hidden Curriculum in Online Education Based on Systematized Review." Shiraz E-Medical Journal 23, no. 4 (2022).

Numertayasa IW, Kusuma IK, Astuti NP. Pengembangan silabus penguatan pendidikan karakter berbasis profil pelajar pancasila. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar). 2022 Oct 4;5(2):97-108.

Rizkasari, Elinda. "The Role Of Elementary School Teachers In Preparing The Golden Generation Through The Pancasila Student Profile." EDUPEDIA 6, no. 2 (2022): 80-85.

Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, and Yusuf Tri Herlambang. "Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia." Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7076-7086.

Silver, Daniel. "A theoretical framework for studying teachers’ curriculum supplementation." Review of Educational Research 92, no. 3 (2022): 455-489.

Supriani, Yuli, Fitri Meliani, Asep Supriyadi, Supiana Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. "The Process of Curriculum Innovation: Dimensions, Models, Stages, and Affecting Factors." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 485-500.

Supriatna, Dasep, Sitti Nadirah, Ali Rahman, Mia Aina, and Arif Saefudin. "Implementation of Merdeka Belajar Curriculum in Elementary Schools: How is Teachers' Perception?." International Journal of Education, Vocational and Social Science 2, no. 02 (2023): 30-40.

Wahyudi, Ayu Vinlandari, and Inayatul Ummah. "Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tari Topeng Cirebon Di MI Al-Washliyah." In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), vol. 2, pp. 170-180. 2022.

Wulandari, Septi, Eko Kuntarto, and Handayani Rally. "Analysis of Application of Coaching Techniques in the Project of Strengthening Pancasila Student Profiles in Indonesian Lessons in SMP." Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 5, no. 4 (2022): 30548-30557.

Yunaini, Norma, Rukiyati Rukiyati, Mulyo Prabowo, Nurulhuda Md Hassan, and Agus Kichi Hermansyah. "The Concept of the Independent Learning Curriculum (Merdeka Belajar) in Elementary Schools in View Progressivism Educational Philosophy." JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 8, no. 2 (2022): 95-105.

Zainil, Melva, and Ary Kiswanto Kenedi. "Advancement of STEM-Based E-Student Worksheet To Enhance The HOTS of Elementary School Students." Journal of Education Technology 6, no. 3 (2022).

Zainil, Melva, Arwin Arwin, Ike Sylvia, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar sebagai Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan." Majalah Ilmiah UPI YPTK (2022): 43-47.

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles