PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN STEM PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2651Keywords:
pelatihan, STEM, kurikulum merdeka, siswa sekolah dasarAbstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran STEM pada kurikulum merdeka. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran STEM pada kurikulum merdeka. Subjek pengabdian ini adalah guru SD yang berada di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Guru yang terlibat sebanyak 40 orang guru. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memberikan seminar dan pelatihan kepada guru. Hasil kegiatan ini mendapatkan rata-rata pemahaman guru tentang kurikulum merdeka sebesar 87,66, kemampuan guru dalam mengembangan pembelajaran kurikulum merdeka berbasis STEM sebesar 86,37 dan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis STEM sebesar 83,32. Hal ini membuktikan guru sekolah dasar mampu mengembangkan pembelajaran STEM pada kurikulum merdeka untuk guru sekolah dasar. Implikasi pengabdian ini dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran STEM pada kurikulum merdeka.References
Anita, Yesi, Arwin Arwin, Syafri Ahmad, Yullys Helsa, and Ary Kiswanto Kenedi. "Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar." Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (2022): 59-68.
Arwin, Arwin, Yesi Anita, Yullys Helsa, Ary Kiswanto Kenedi, and Ronald Fransyaigu. "Pelatihan Penerapan Pembelajaran Blended learning untuk Guru Sekolah Dasar." Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (2022): 111-120.
Hamimah, Hamimah, Melva Zainil, Yesi Anita, Yullys Helsa, and Ary Kiswanto Kenedi. “Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar.†Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (2022): 33–42.
Hendri, Sherlyane, Yullys Helas, Yesi Anita, and Ary Kiswanto Kenedi.†Pelatihan Penilaian Otentik dan Penggunaan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar.†Jurnal Halaqah 4, no. 1 (2019): 446-459.
Kasman, Kasman, and Siti Khodijah Lubis. “Teachers’ Performance Evaluation Instrument Designs in the Implementation of the New Learning Paradigm of the Merdeka Curriculum.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 8, no. 3 (2022): 760.
Madden, Wendy, Suzy Green, and Anthony M. Grant. “A Pilot Study Evaluating Strengthsâ€based Coaching for Primary School Students.†Coaching Researched (2020): 297–312.
Sukmana, Rika Widya, and Yeti Nurhayati. "Pengabdian kepada Masyarakat Pembelajaran Berbasis STEM Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung." Jurnal Pengabdian Tri Bhakti 1, no. 1 (2019): 1-4.
Yunaini, Norma, Rukiyati Rukiyati, Mulyo Prabowo, Nurulhuda Md Hassan, and Agus Kichi Hermansyah. "The Concept of the Independent Learning Curriculum (Merdeka Belajar) in Elementary Schools in View Progressivism Educational Philosophy." JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 8, no. 2 (2022): 95-105.
Zainil, Melva, Ary Kiswanto Kenedi, Tin Indrawati, and Ciptro Handrianto. "The Influence of a STEM-Based Digital Classroom Learning Model and High-Order Thinking Skills on the 21st-Century Skills of Elementary School Students in Indonesia." Journal of Education and e-Learning Research 10, no. 1 (2023): 29-35.
Zainil, Melva, R. C. I. Prahmana, Y. Helsa, and S. Hendri. "ICT media design for higher grade of elementary school mathematics learning using CS6 program." In Journal of Physics: Conference Series, vol. 943, no. 1, p. 012046. IOP Publishing, 2017.