PENDAMPINGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS BLOG, SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2473Keywords:
Pendampingan, Teknologi, Blog, Digital Marketing, UMKMAbstract
Kegiatan pendampingan pemanfaatan teknologi berbasis blog sebagai media promosi digital produk UMKM di wilayah kelurahan Dalung dipilih sebagai solusi peningkatan promosi karena blog merupakan teknologi yang mudah dibuat serta gampang dioperasikan teteapi mempunyai jangkau yang luas serta efektif sebagai media promosi karena tidak hanya berisikan tulisan tetapi juga visual seperti gambar. Pengandian diawali dengan analisis kebutuhan melalui observasi lapangan dan persiapan administrasi yang dibutuhkan, kemudian sosialisasi promosi digital dengan mengadakan seminar digital berbasis blog, serta menyiapkan media blog dan konten yang diambil secara langsung dari kegiatan usaha para UMKM yang terintegrasi dengan markeplace shopee, dan melakukan edukasi kepada aparat desa serta para pelaku UMKM menggunakan blog. Kemudian tahap terakhir melakukan melakukan supervisi untuk mengetahui sejauh mana media blog bisa mefasilitasi promosi digital. Keberadaan media blog diharapkan bisa diimanfaatkan berkelanjutan tidak hanya sebagai media digital marketing UMKM tetapi juga menjadi media informasi mengenai kekayaan budaya di lingkungan kelurahan Dalung Cipocok Jaya Serang Banten seperti pencak silat, debus dan wisata ziarahReferences
Diansyah, R., Arribe, E., Winarso, D., Sistem, P., Fakultas, I., Komputer, I., & Riau, U. M. (2017). Penguatan umkm melalui pelatihan blog. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 1(2), 1–7.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Husain, T. (2003). Blog Sebagai Media Interaktif Untuk Memposisikan Toko Online Berdasarkan Urutan Search Engine Optimization (SEO). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1–7.
Muchtiar, Y., Bidiawati, A., Putra, D. T., Penelitian, M., Sistem, P., Perancangan, P., & Konsumen, I. K. (2017). PERANCANGAN DESAIN BLOG PROMOSI. Seminar Nasional Inovasi Dan AplikasiTeknologi Di Industri 2017, 1–5.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Setiawan, B., & Fadillah, A. (2020). Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor. 1(1), 29–36.
Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknolog Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Surani, D., Umalihayati, Alhikmat, A. M. S. M., & Wildan, W. (2022). Pengoptimalan dan Pemberdayaan Potensi Desa melalui Media Blog di Sekolah-sekolah di Telaga Luhur. Jubaedah:Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 2(2), 349–354.
Wardhana, A. (2018). Srategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keungulan Bersaing UKM di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 1(8), 1–11.
William, J., & Lestari, S. (2015). Sistem Informasi UKM Berbasis WEBSITE Pada Desa Sumber Jaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(1), 1–16.