PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v1i2.238Abstract
Bahan pengemasan yang paling umum digunakan untuk pengemasan bahan pangan dapat dibedakan berdasarkan bahannya, yaitu: kemasan kaca/gelas, kemasan logam, kemasan plastik, kemasan kertas dan kemasan logam. Pemilihan jenis kemasan yang akan digunakan sangat tergantung pada karakteristik dan jenis bahan pangan yang akan dikemas. Namun permasalahan yang sering ditemui di kalangan pelaku usaha pedesaan, produk yang dihasilkan tidak dikemas dengan baik sehingga tampakan serta sanitasi produk relatif kurang baik yang menyebabkan ketertarikan konsumen kepada produk tersebut relatif rendah. Kegiatan pen Pelatihan Pengemasan Produk ini bertujuan untuk (1) Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang proses pengemasan produk yang baik di Desa Boyou. (2) Terciptanya produk dengan kemasan yang lebih baik dan menarik di Desa Boyou.
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 11 bulan Agustus 2018, bertempat di kantor desa Boyou Kecamatan Luwuk Utara. Dari hasil pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan kemasan, dapat disimpulkan bahwa  Keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam pengemasan mengalami peningkatan. Sehingga kedepannya produk yang dihasilkan dapat terkemas dengan baik dan sanitasinya tetap terjaga dan Partisipasi masyarakat sasaran dalam kegiatan cukup baik, sehingga dapat membantu kelancara kegiatan yang dilaksanakan
Â
Kata Kunci : Â Kemasan, Produk, Pelatihan
References
Marwan Asri, 1991. Marketing, Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.
Basu Swastha, 2000. Manajemen Pemasaran Modern, : Liberty Yogyakarta.
Rewoldt,1995. Strategi Promosi Pemasaran, : Rineka Cipta, Jakarta.
Ratih Hurriyati, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, : Alfabeta Bandung