PENDAMPINGAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DARADAENG GYMNASTIC MAKASSAR MELALUI PENINGKATAN MANAGEMEN MARKETING BERBASIS DIGITAL CAMPAIGN
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2138Keywords:
Senam, Marketing, Digital Campaign.Abstract
Secara historis Lembaga kursus dan pelatihan (Lkp) Daradaeng Gymnastic telah menorehkan tinta emas berupa pencapaian prestasi olahraga untuk Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan. Potensi dan prestasi tersebut tidak sejalan dengan kondisi finansial dan kemampuan menjalankan usahanya, salah-satunya sistem pemasarannya yang masih sangat konvensional yakni dari mulut ke mulut sehingga dibutuhkan publikasi yang lebih massif. Untuk itu solusi yang diupayakan berupa pendampingan dan penerapan managemen marketing berbasis Digital Campaign yang terdiri dari penerapan influenser marketing dan Affiliate Marketing, Radio and Television Advertaising, Social Media Marketing (SMM), Email Marketing, Instant Messaging Marketing. Pendekatan yang ditawarkan untuk merealisasikan pengabdian ini melalui model pemberdayaan masyarakat. Hasil pengabdian dapat dilihat dari gambaran jumlah interaksi setiap postingan menggunakan Search Engine Optimization (SEO), bahwa managemen marketing berbasis Digital Campaign mampu menarik perhatian masyarakat pengguna media sosial dengan nilai jangkauan tertinggi mencapai 1.600 dan terendah 393 jangkauan untuk empat postingan terpopuler, adapun interaksi tertinggi mencapai 245 dan terendah 86 interaksi untuk empat postingan terpopuler yang di publikasikan sejak tanggal 13 Juni sampai dengan 21 September 2022, dan diharapkan akan terus-menerus meningkat. Publikasi yang massif tersebut diharapkan akan sejalan dengan penambahan jumlah member Lkp Daradaeng Gymnastic untuk kemudian mampu meningkatkan finansialnyaReferences
Agustina, C. (2012). Pemlilihan Media Promosi dengan Metode Analytic Hierarchy Proses (AHP) Studi kasus: BSI Magelang. Paradigma, XIV(1), 80. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/3381
Aleksić Veljković, A., Stanković, S., & Božić, D. (2022). the Influence of Phonetic Gymnastics on the Development of Fine Motor Skills of Preschool Children. Facta Universitatis, Series: Teaching, Learning and Teacher Education, 5(2), 115. https://doi.org/10.22190/futlte211103009a
Amrilloyevich, T. O., & Khairullayevich, S. H. (2022). The Importance of Sports Gymnastics in the Development of Young Children. International Journal of Culture and Modernity, 16, 36–43. Retrieved from //ijcm.academicjournal.io/index.php/ijcm/article/view/260
Duan, G., Han, Q., Yao, M., & Li, R. (2022). Effects of Rhythmic Gymnastics on Joint Attention and Emotional Problems of Autistic Children: A Preliminary Investigation. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/2596095
Gandasari, M. F., Manurung, J. S. R., Arisman, Anugrarista, E., Yantiningsih, E., Siskariyanti, & Riswandi, N. (2021). Lomba Senam Kreasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Kebugaran Jasmani. Journal Berkarya: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jba.0302.2021.15
Handayani, S. G., & Komaini, A. (2022). Peningkatan Program Pengembangan Kewirausahaan (Ppk) Pengusaha Muda Fakultas Ilmu Keolahragaan melalui Pembinaan, Pelatihan, dan Fasilitasi menjadi Pengelola Sanggar Senam Aerobik, Senam Lansia dan Senam Hamil. Journal Berkarya: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 6–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jba.0401.2022.02
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. Retrieved from http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
Kasanang, K. (2021). Aktivitas Pelaku Industri Olahraga Di Kota Palangka Raya. Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 164–173.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. (2021). Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( P2M ) Edisi XIII revisi 2022 (XIII; T. P. dan P. K. masyarakat D. J. P. T. R. dan Teknologi, ed.). Retrieved from simlitabmas.kemdikbud.go.id
Khairani, A., Andini, Y. B., Fedia, V., Putri, N. O., Norfaizah, & Putra, R. B. (2022). Penerapan Digital Marketing dan Influencer Endorsement Saat Pandemi Covid-19 Pada Agen Frozen Food (Studi Kasus UMKM Wins Food Kebab Padang). The Academy Of Management and Business, 1(1), 378–384.
Miletić, A., Milić, Z., Savićević, D., & Ujsasi, D. (2022). The effects of corrective gymnastics on the postural status of the spine in the frontal plane in preschool children. Exercise and Quality of Life, 14(1), 33–40. https://doi.org/10.31382/eqol.220604
Mukaddas, A., Zubair, M. S., & Yusriadi, Y. (2020). Penerapan Asuhan Kefarmasian dan Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan Apotek. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 26–34. https://doi.org/10.30653/002.202051.243
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056
Napitulu, P. A. W., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Model pemberdayaan masyarakat dan strategi pemasaran pada pengembangan Desa Wisata Rumah Budaya Watulimo yang berbasis industri kreatif di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 59–67.
Patel, T. S., McGregor, A., Cumming, S. P., Williams, K., & Williams, S. (2022). Return to competitive gymnastics training in the UK following the first COVID-19 national lockdown. Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, 32(1), 191–201. https://doi.org/10.1111/sms.14063
Rahayu, Y. S., & Garside, A. K. (2022). Model Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Di Sekitar Kawasan Hutan Di Kabupaten Lamongan. Seminar Keinsinyuran, 113–120. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/SKPSPPI/article/view/5015