PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RINGKAS BERMAKNA BAGI GURU-GURU IPA SMP
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.1865Keywords:
Pelatihan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, TaebenuAbstract
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rangkaian kegiatan yang direncanakan guru sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan adalah guru belum mampu menyusun tujuan pembelajaran mengikuti format Audience, Behavior, Condition, dan Degree (ABCD), guru belum mampu menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan dan guru belum mampu menyusun penilaian pembelajaran yang mencakup ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan yang dialami mitra adalah melakukan kegitan pelatihan penyusunan RPP ringkas bermakna bagi guru-guru IPA SMP di Kecamatan Taebenu. Â Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah guru dapat menyusun RPP dengan baik dan benar. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Â Hasil dari kegiatan PKM ini adalah 87,9 % guru-guru IPA telah dapat menyusun RPP ringkas bermakna dengan baik dan benarReferences
Aini, S. (2019). Mengoptimalkan Pendampingan Berbasis KKG Dalam Penyusunan Rpp Yang Baik Dan Benar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 Di Sekolah Binaan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 136–145. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/issue/view/28
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran Kajian Teoretis - Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/20569/10338
Budiawan. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN Tomjer Tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 228–239. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/issue/view/28
Evitasari, A. D., & Utaminingtyas, S. (2021). Pendampingan Penyusunan RPP “Satu Halaman†Bagi Guru Sekolah Dasar . Intan Cendekia:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–14.
Heryanto. (2018). Model Penilaian Hasil Belajar Dan Karakter. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 118–128. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/194/424
Marwiji, M. H., Rosadi, A., Mariah, E. Y., & Arrobi, J. (2020). Workshop Penyusunan RPP Dalam Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE) , 2(2), 66–71.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1597
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pub. L. No. 16.
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah., Pub. L. No. 22.
Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad Ke-21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengasesnya. 1–25.