PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL PADA MARKETPLACE UMKM SAMBAL DISKO
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v5i2.1823Keywords:
UMKM, Manajemen Pemasaran, Marketplace, Teknologi DigitalAbstract
Pasca pandemi Covid-19 memberikan implikasi pada sisi ekonomi Indonesia yang didominasi oleh Usaha Mikro, kecil, dan Menengah. Permasalahan ini perlu perhatian karena kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional cukup besar, termasuk UMKM Sambal Disko yang menjadi mitra dalam PKM. Permasalahan yang dihadapi mitra: (1) kurangnya pengetahuan metode pemasaran situasi pasca pandemi; (2) terbatasnya penjualan UMKM karena kurangnya pengetahuan teknologi informasi (internet). Tujuan kegiatan ini untuk memberikan solusi kepada mitra terkait masalah pemasaran dengan IT. Tiga keterampilan disampaikan dalam kegiatan ini, yaitu manajemen usaha dan optimaliasi teknologi informasi dalam wirausaha. Metode kegitan: (1) Pelatihan peningkatan pemahaman manajemen dan metode pemasaran diera newnormal (2) Pendampingan penggunaan teknologi informasi dalam penjualan pruduk UMKM. Hasil kegiatan adalah ada peningkatan 60% pengetahuan mitra mengenai manajemen metode pamasaran situasi newnormal. Pendampingan mitra terjadi transfer knowladge tentang optimalisasi penggunaan IT dalam pandemi ini sebesar 100%. Secara tidak langsung meningkatkan penjualan dikarenakan media penjualan yang menjangkau wilayah lebih luasReferences
Amijaya, S. Y., Seliari, T., & Oentoro, K. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Dan Promosi Produk Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Proceeding Senadimas Undiksha, 365.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Griha, I., Isa, T., & Isa, I. G. T. (2021). Perancangan aplikasi e-commerce penjualan kayu pada pt. sekar gayanti utama berbasis web. Jasisfo (Jurnal Sistem Informasi), 2(1), 127–140.
Hermawan, F., Detra, A. E., Eldrian, A. F., Ekonomi Dan Bisnis, F., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Pengaruh Media Digital Sebagai Sarana Promosi Dan Transaksi Bagi Pelaku UMKM Makanan Dan Minuman Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 493–505. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.797
Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/JMSAB.V1I1.16
Lakoro, F. S. (2021). Literasi dan Model Manajemen Keuangan UMKM Berbasis Digital Pada UMKM-UMKM Di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5), 1966–1977.
Ling, A. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). Agora, 1(1), 1–8.
Martinus Maslim, Adithama, S. P., Nugroho, A. H. T., Maslim, M., Adithama, S. P., & Nugroho, A. H. T. (2020). Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Studi Kasus : Pahala Fotokopi dan Digital Printing). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 95–105. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3363
Nasution, L. (2020). Efektifitas HKI Sebagai Pelindung Industri Kreatif dan. Buletin Hukun Dan Keadilan, 4, 238–250.
Sangkop, F. I. (2020). PKM Kelompok Kuliner Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kewirausahaan, 3(1), 50–52.
Saputra, F., Ali, H., Program, M., Fakultas Ekonomi, S., Bisnis, D., Bhayangkara, U., Raya, J., Fakultas Ekonomi, D., & Penulis, K. (2022). Penerapan Manajemen Poac: Pemulihan Ekonomi Serta Ketahanan Nasional Pada Masa Pandemi Covid-19 (Literature Review Manajemen Poac). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 316–328. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.733
Setiyono, J. (2020). Upaya Strategi Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat Melalui Home Industri Imur Bahalap Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial …, 2020(12), 62–73. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/2193
Susanti, I., Syairozi, M. I., & Lukman, H. Y. W. (2021). Analisis Sistem Manajemen Dalam Pengelolaan Bumdes Di Desa Bluluk. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 701–710.
Syahrul, A. R., Kaksim, K., & Ronald, J. (2019). PKM kerajinan Inu dan kerupuk sagu Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 39–45. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.39-45
Waluyajati, A., & Latifah, S. W. (2020). PKM Sistem Informasi Akuntansi Pada Koperasi Bukea As-Sakinah Aisyiyah Kota Malang. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 41. https://doi.org/10.24269/adi.v4i1.2303
Wijayani, D. I. L., Suhaedi, S., Finanto, H., & Kango, R. (2021). Implementasi Manajemen Pemasaran “Toko Lapak Poltekba Graha Poltekba†Melalui Diseminasi Teknologi Digital Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1514–1525. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5061%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/5061/2966
Yulianti, R., Suriana, I., Kusno, H. S., Sanjaya Kusno, H., Yulianti, R., Suriana, I., Kusno, H. S., Sanjaya Kusno, H., Yulianti, R., & Suriana, I. (2021). Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Kebijakan Dividen, dan Kepemilikan Saham Manajerial terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Bank BUMN periode 2010-2019). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(1), 44–51. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK