TATA KELOLA E-MARKETING PRODUK UMKM NAGARI DUO KOTO, TANJUNG RAYA, KABUPATEN AGAM
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.1367Keywords:
Tata Kelola, E-marketing, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini, menuntut dunia usaha untuk cepat beradapatasi dalam kegiatan promosi dan pemasaran, termasuk kegiatan usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Kelompok Usaha Batu Aliyaa Saiyo dan Kelompok Usaha Sarok Pintar Nagari Duo Koto, Kec. Tanjung Raya, Kabupaten. Agam, Sumatera Barat. Kelompok Usaha Batua Aliyaa Saiyo merupakan kelompok usaha yang bergerak dalam produksi makanan olahan dari rinuak (ikan kecil) yang merupakan ikan endemik dari Danau Maninjau. Kelompok Usaha Sarok Pintar merupakan kel;ompok usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan sampah plastik menjadi produk seperti tas, tempat tisu, dan dompet. Dalam kegiatan promosi dan penjualan, kelompok usaha ini belum memaksimalkan pemanfaat teknologi. Media sosial yang digunakan masih merupakan media sosial atas nama pribadi dan belum mempunyai profile bisnis secara online. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah melakukan sosialisasi dan pelatihan e-marketing produk UMKM. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan metode pelatihan pemanfaat media sosial dan profile bisnis. Dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan diharapkan Kelompok Usaha Batu Aliyaa Saiyo dan Kelompok Usaha Sarok Pintar dapat optimal dalam menggunakan media sosial dan memiliki profile bisnis secara online, sehingga kegiatan promosi dan pemasaran dapat lebih luas, baik skala nasional maupun internasional.References
Amstrong, K. and. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (1 (ed.)). Erlangga.
APJII. (2021). Penetrasi dan Pengguna Internet di Indonesia. APJII. https://apjii.or.id/survei2019x
Hasan, S. (2021). Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner selama Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Kuliner Kota Bangkinang , Provinsi Riau ). Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 30–40. http://journal.al-matani.com/index.php/invest/article/view/121
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Ramadhayanti, A. (2019). Analisis Gaya Komunikasi Pemasaran Online Dan Pengembangan Infrastruktur E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 216. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2410
Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126
Setyowati, H. L. (2022). Pengaruh Pemasaran Online Dan Minat Pelanggan Terhadap Peningkatan Laba Kharisma Studio. 1(1), 19–28.
Susanti, E., Firdalius, F., & Rahayu, P. E. (2020). Peran Digital Komunikasi Terhadap Perempuan Berwirausaha (Umkm) Di Kota Padang. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1983