PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI KELOMPOK USAHA HERBAL
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v4i2.1121Keywords:
Kelompok Herbal, pemasaran, media sosialAbstract
Permasalahan yang dihadapi kelompok usaha herbal di Batui Selatan pada masa pandemi covid 19 adalah penurunan penjualan hampir semua jenis produk, tidak memiliki dan menguasai teknologi digital yang dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak dan melayaninya dengan minim kontak fisik, kurangnya pengetahuan mitra dalam menentukan masa simpan produk, merek yang belum terdaftar di direktorat hak atas kekayaan intelektual, tidak ada kontrak kerjasama antar kelompok sehingga tidak dapat saling menguatkan dikala kondisi lingkungan eksternal dan internal usaha kurang kondusif. Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah pelatihan strategi pemasaran yang meliputi strategi produk, harga, promosi dan distribusi; mengembangkan aplikasi pemasaran online; memberikan pelatihan dan pendampingan cara pemasaran melalui media sosial; mengembangkan kemitraan antar kelompok dalam aspek produksi dan pemasaran secara berkelanjutan. Luaran yang dihasilkan berupa satu artikel yang dipublikasikan melalui Jurnal terakreditasi Sinta, meningkatnya pengetahuan strategi pemasaran yang meliputi strategi harga, promosi dan distribusi, meningkatnya keterampilan pemasaran melalui media sosial IG, FB, dan WA, serta video kegiatan yang diunggah di kanal Youtube https://youtu.be/2uWx0fH0ugYReferences
BPS. (2020). Industri Mikro dan Kecil di Masa Pandemi COVID-19. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZDJmZjk3Y2MzNjVlOThlZWRkNGZhZDdm&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMjEvMDgvMjUvZDJmZjk3Y2MzNjVlOThlZWRkNGZhZDdmL2luZHVzdHJpLW1pa3JvLWRhbi1rZWNpbC1kaS1tYXNhLXBhbmRlbWktY292aWQtMTktLTIwMjAuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMS0wOS0yNiAxNjo1OTo1OA%3D%3D
Diko, M. D. R., Ladjin, N., Haluti, F., Layoo, N., Tasruddin, Wuniarto, E., & Samaduri, L. (2020). Monitoring dan Evaluasi Program Pemberdayaan Kelompok Nelayan dan Kampung Herbal. (Tidak dipublikasikan)
Layoo, N., & Botutihe, N. (2021). Perencanaan Bisnis untuk Mahasiswa dan Umum. Widina Bhakti Persada Bandung.
Layoo, N., Haluti, F., Diko, M. J., Ladjin, N., Tasruddin, Wuniarto, E., & Samaduri, L. (2020). Indeks Kepuasan Masyarakat Program Pemberdayaan Kelompok Nelayan dan Kampung Herbal. (Tidak dipublikasikan)
Layoo, N., & Rahman, W. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dengan Kinerja Usaha Mikro Kecil Di Kabupaten Banggai. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 29–44. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n1.p29-44
Sari, R. (2017). Marketing Mix Implementation in Small Medium Enterprises : A Study of Galeristorey Online Business. Etikonomi, 16(April), 115–125. https://doi.org/10.15408/etk.v16i1.3950