PEMBERDAYAAN WANITA SEBAGAI WUJUD PERTAHANAN EKONOMI RAKYAT DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Retnoningrum Hidayah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Dhini Suryandari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
  • Sukirman Sukirman Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
  • Ima Nur Kayati Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
  • Sarifa Aini Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
  • Bisri Rahayuningsih Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v5i2.1051

Keywords:

wanita, mandiri, wirausaha, ekonomi

Abstract

Wanita merupakan tonggak utama kemandirian suatu bangsa. Oleh karena setiap wanita harus mandiri dan merdeka dalam hal ekonomi terutama di era new normal ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para wanita Secara ekonomi. Adapun sasaran kegiatan adalah para wanita di wilayah Kelurahan Sukorejo. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan tentang pembentukan kelompok wanita wirausaha untuk menguatkan usaha mereka, dan pelatihan teknologi (e-commerce) untuk membantu meningkatkan omset penjualan serta pemberian sosialisasi akses informasi pendanaan usaha mikro kecil. Hasil kegiatan berupa terbentuknya Kelompok Wirausaha Wanita Zainab. Selanjutnya, peserta memiliki jejaring pemasaran melalui shopeefood, dan terbukanya jejaring pendanan modal usaha. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah mampu berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan masyarakat didalam pertahanan ekonomi di era new normal. Untuk kedepannya, diharapkan adanya uluran dari berbagai pihak akademisi maupun terkait dalam  pendampingan tertib administrasi dan pemasaran secara berkesinambungan demi kemajuan ekonomi kerakyatan.

References

Armiati. “Women Entrepreneurs serta Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya (Kasus pada Pengrajin Sulaman Wanita di Jorong Lundang Kanagarian Panampuang Kab. Agam)â€. Economica, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 1. No.2 (2013): 162-174.

Artini, Ni Wayan Putu dan Handayani. “Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pembuat Makanan Olahan Terhadap Pendapatan Keluargaâ€. Piramida, 5:1 (2009): 9-15.

Budisusila, Antonius. Rakyat, Pendidikan, dan Ekonomi: Menuju Pendidikan Ekonomi Kerakyatan, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. 2009.

Badan Pusat Statistik. 2021. Ekonomi Indonesia 2020 Turun sebesar 2,07 Persen (c-to-c), diakses melalui https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811.

Boruologo, Ihsana Sabriani, 2007. Pemberdayaan Kaum Ibu Sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Kemiskinan, Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan, Vol. 23. No. 2. April, Juni. 2007. https://doi.org/10.29313/mimbar.v23i2.246

Carrington C. “Sustaining the Momentum: Gender, Entrepreneurship and Public Policyâ€. Journal of Small Business ,& Entrepreneruship, Volume 19, Issue 2 (2006):83-94.

Frank, A.K. Factors motivating women's informal micro-entrepreneurship. International Journal of Gender and Entrepreneurship. Vol. 4. No.1 (2012): 65-78.

Handayani, C. S. & Novianto, A. Kuasa Wanita Jawa. Yogyakarta: LkiS. 2011.

Hasan, Muhammad, dan Azis, Muhammad. Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal. Makassar: CV. Nur Lina Bekerjasama dengan Pustaka Taman Ilmu. 2018.

Hisrich, R.D., Peters, M.P., dan Shepherd, D.A. Entrepreneurship. New York: McGraw-Hill. 2010.

Jati, Waluya. Analisis Motivasi Wirausaha Perempuan (Wirausahawati) di Kota Malang. Humanity. Vol. 4. No. 2 (2019): 141-153.

Mubyarto. Membangun Sistem Ekonomi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. 2000

Munfaqirah, Siti. “Faktor Yang Mempengaruhi Wirausaha Wanita Miskin Untuk Mencapai Keberhasilan Usahaâ€. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Vol. 10. No. 1 (2016): 57-65. https://doi.org/10.32812/jibeka.v10i2.74

Mokalu, J.Benedicta. “Perempuan Berwirausaha Usaha Mengentas Ekonomi Keluargaâ€. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, Volume. 3. No. 2. Oktober 2017: 72-88.

Sari, N. “Crowdfunding: Alternatif Pendanaan UMKM dan Startup (Model Penggunaan Utaut)â€. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 4(1), 25 - 38. https://doi.org/10.35326/jiam.v4i1.1011

Sintya, N.M. “Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasarâ€. Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen, Vol. 1 No. 1. (2019): 337-366. https://doi.org/10.1234/jasm.v1i1.31

Sugiarti, Yenny and Sari, Yenny and Hadiyat, Mochammad Arbi.“Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sambal Di Jawa Timurâ€. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (2),2020: 298-309.

Yani, P., Susila,M.R., Nugroho, W. C. & Putri, R.C. “Pelatihan Strategi E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Bubutan Kota Surabayaâ€. SOCIETY Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1, No. 2, April 2021: 78 – 84.

Downloads

Published

2022-08-02

Issue

Section

Articles