PENDAMPINGAN PIMPINAN CABANG ‘AISYIYAH KARTASURA DALAM PENINGKATAN BERPIDATO BAGI KADER AISYIYAH BERBASIS RANTING

Authors

  • Main Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dini Restiyanti Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aisyah Nur Fadhilah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Melati Beauty Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v4i1.793

Keywords:

'Aisyiyah, berpidato, kader, mubaligh, pengajian

Abstract

Pemberdayaan anggota ‘Aisyiyah belum maksimal, terutama dalam kegiatan pengajian. Ibu-ibu anggota ‘Aisyiyah perlu didorong supaya berani berpidato. Program peningkatan kemampuan berpidato bagi kader Aisyiyah berbasis ranting bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para ibu untuk meningkatkan keberanian dan kemampuan berpidato. Kegiatan ini melibatkan 12 ranting di Cabang Aisyiyah Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah yang secara rutin melaksanakan kegiatan pengajian. Strategi pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap. Pertama, identifikasi penceramah di setiap ranting untuk mendapatkan data yang pasti. Data diperoleh dengan metode angket melalui Whatsapp Group di Pimpinan Cabang Kartasura. Kedua, workshop pengkaderan mubalighot. Kegiatan Workshop dilaksanakan pada tanggal 20 September 2019, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kartasura. Ketiga, pendampingan pemberdayaan anggota yang dilakukan secara bertahap dan direncanakan terus menerus. Hasil pengabdian masyarakat ini berupa rintisan pengkaderan penceramah di PCA Kartasura, yang dapat ditarik simpulan: (1) kegiatan ini menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara anggota Aisyiyah melalui kegiatan pidato pada pengajian rutin; (2) semua ranting Aisyiyah berhasil menyusun jadwal pengajian rutin beserta nama mubaligh; (3) meningkatkan peran ibu-ibu anggota Aisyiyah di setiap ranting di Kecamatan Kartasura dalam kegiatan pengajian di ranting Aisyiyah dan lingkungannya. Hasil kegiatan ini perlu ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang terprogram dan terus-menerus. 

References

Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudriman. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. 33(11), 2–6.

Aktas, E., & Yurt, S. U. (2017). Effects of Digital Story on Academic Achievement, Learning Motivation and Retention among University Students. International Journal of Higher Education, 6(1), 180. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n1p180

Al Qamari Juita Rahmadani; Kabeakan, Nana Trisna Mei Br., M. M. (2019). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dalam Peningkatan Pendapatan Pada Kelompok Ibu-Ibu Asyiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(Vol 4, No 2 (2019)). Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/4809

Amaliatulwalidain. (2017). Peran dan Partisipasi Politik Organisasi Nasyiatul Aisyiyah dalam Menginternasasikan Kebijakan Berperspektif Gender Di Kotapalembang. 2(1).

Badura, K. L., Grijalva, E., Newman, D. A., Yan, T. T., & Jeon, G. (2018). Gender and leadership emergence: A meta-analysis and explanatory model. Personnel Psychology, 71(3), 335–367. https://doi.org/10.1111/peps.12266

Fatmawati, N., Amin, M., & Nawawi, N. (2020, August). Communication Science Studies–Spoken Discourse Analysis Verbal Rhetoric and Leadership Style: A Comparative Study of Tun Dr. Mahathir Bin Mohamad and Dato’Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak. In 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) (pp. 274-278). Atlantis Press. doi:10.2991/assehr.k.200827.069.

Grossman, P. J., Eckel, C., Komai, M., & Zhan, W. (2019). It pays to be a man: Rewards for leaders in a coordination game. Journal of Economic Behavior and Organization, 161, 197–215. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2019.04.002

Handayani, I. T., Rosmilawati, S., & Mambang, M. (2019). Peran Perempuan Muhammadiyah Dalam Kepemimpinan Dan Politik Di Kalimantan Tengah. Pencerah Publik, 6(2), 32-42. doi:10.33084/pencerah.v6i2.1111.

Handayani, P., Purwanti, Y., & ... (2020). Edukasi Kemandirian Ekonomi Perempuan Sebagai Basis Dakwah Aisyiyah. Proceeding of The …, 163–167. Retrieved from http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/958

Harahap, E. M., Hasibuan, S., Afifah, N., Lubis, K., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2020). Pembinaan Keterampilan Berbicara Produktif Pada Nasyiatul Aisyiyah Ranting Batu Nadua Sitamiang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 375–378. Retrieved from https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/498

Hartley, L. M., Ferrara, M. J., Handelsman, M. M., Rutebemberwa, A., & Wefes, I. (2019). Principles and Strategies for Effective Teaching: A Workshop for Pre- and Postdoctoral Trainees in the Biomedical Sciences †. Journal of Microbiology & Biology Education, 20(3). https://doi.org/10.1128/jmbe.v20i3.1689

Hasanah, Ainul. (2018). Mengajarkan shalat pada anak melalui metode demonstrasi, tanya jawab dan pembiasaan. Al-Hikmah, 2(1), 13–28.

Imamah, Mahmudatul, F., & Firlana, A. R. (2019). KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ORGANISASI The Leadership of Female Figures in the Muslimat and Aisyah Pendahuluan. 05(02), 229–242.

Isiandri, Pudji. 2009. Seribu Pena Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlanggal.

Lubis, M. S. (2018). Struktur Penulisan Teks Pidato Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan tapanuli Selatan: Kajian Retorika. Jurnal Education Dan Development, 4(2), 66–71.

Madun, M. F., & Mosin, M. (2020). Isu Kejurulatihan Pidato dalam kalangan Guru Bahasa Melayu di Sekolah Rendah : Satu Tinjauan Umum Abstrak Issues of Public Speaking Coaching among Malay Language Teachers in Primary School : A General Review Abstract Pengenalan Sorotan Literatur Konsep As. 5(11), 141–146.

Mahmud, M. A. (2018). Peluang Ikatan Dai Muda Indonesia (Idmi) Dalam Membina Masyarakat Muslim Di Kota Palu. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 91. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.vol14.iss1.106

McGowan, E. C., Du, N., Hawes, K., Tucker, R., O’Donnell, M., & Vohr, B. (2017). Maternal Mental Health and Neonatal Intensive Care Unit Discharge Readiness in Mothers of Preterm Infants. Journal of Pediatrics, 184, 68–74. https://doi.org/10.1016/j.jpeds.2017.01.052

McLeish, J., & Redshaw, M. (2017). Mothers’ accounts of the impact on emotional wellbeing of organised peer support in pregnancy and early parenthood: A qualitative study. BMC Pregnancy and Childbirth, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12884-017-1220-0

Nabawiyati, S., & Makiyah, N. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Aisyiyah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pembentukan Kelompok Sedekah Sampah. Abdimas Mahakam Journal, 4(02), 251–260.

Pimpinan Pusat Aisyiyah. (2012). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ‘Aisyiyah. Yogyakarta.

Putri, R. A. (2020). Penggunaan Permainan Bahasa Dalam Pidato Pemilihan Presiden 2019: Studi Kasus Pidato Jokowi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 168–183. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4921

Ritonga, R. F., Sari, P. M., & Erwin, E. E. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Jurnal SOLMA, 8(2), 307. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3496

Setyorini, N., & Risqiana, S. (2017). Keefektifan Media Artikel. 2(2), 137–144.

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 681–688.

Sufanti, M., Roding, M. A., Charu, M. A. dan Mach, M. M. (2014). Pendampingan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kartasura dalam Pendataan Anggota berbasis Ranting, Laporan Pengabdian Masyarakat. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugianto, A. (2020). Workshop Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMP. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 90-96. doi:10.33084/pengabdianmu.v6i1.1647.

Sulistyaningsih, & Listyaningrum, T. H. (n.d.). Pelatihan Dan Pembentukan Posbindu Penyakit Tidak Menular (Ptm) ’Aisyiyah Ranting Ambarketawang. Jurnal.Aiska-University.Ac.Id. Retrieved from http://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gemassika/article/view/513

Wahib, N. U. R. (2020). Peran Perempuan Dalam Pembinaan Mental Spiritual Generasi Bangsa Dalam Perspeksif Pendidikan Islam. RISDA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(1), 1–10.

Widyanto, R. A. (2019). PKU bagi Pengurus Ranting Muhammadiyah di Kabupaten Magelang untuk Mengelola Administrasi Ranting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.30591/japhb.v2i1.908

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles