PELATIHAN PEMBUATAN PESTISIDAN NABATI

Authors

  • Ikhsan Ikhsan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Lutfi Samaduri Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v1i2.236

Abstract

Desa Tambale merupakan salah satu desa di Kecamatan Mamosalato yang mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Selama ini dalam melakukan budidaya tanaman perkebunan, petani di Desa ini selalu menggunakan pestisida kimia yang didapatkan di toko pertanian. Tentunya hal ini menambah beban biaya bagi para petani. Padahal disisi lain banyak potensi sumberdaya desa yang dapat diolah dan dijadikan sebagai pestisida nabati. Namun beberapa kendala yang dihadapi para petani salah satunya adalah kemampuan petani dalam membuat pestisida nabati yang masih sangat rendah bahkan selama ini mereka belum mampu untuk membuat pestisida nabati ini. Kegiatan pelatihan pembuatan pestisida nabati bertujuan Untuk meningkatakan keterampilan petani dalam membuat pestisida nabati sebagai alternatif pestisida dalam menjalankan usahatani dan Petani mampu membuat pestisida nabati.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 - 19 Februari 2018, bertempat didesa Tambale tepatnya di Balai Desa Tambale Kecamatan mamosalato. Hasilnya Tingkat pasrtisipasi masyarakat cukup baik, sehingga kegiatan yang dijalankan dapat memberikan dampak posistif bagi petani serta Meningkatnya keterampilan masyarakat dalam membuat pestisida nabati sehingga kedepannya mereka mampu membuat sendiri pestisida untuk kebutuhan usahatani mereka.

 

Kata Kunci : Pestisida Nabati, Pelatihan, Petani

References

Samsudin 2008. Pengendalian Hama dengan Insektisida Botani. www.pertanian. Or.id. diakses 3 maret 2018

Subiakto 2002. Pestisida Nabat, Pembuatan dan Pemanfaatan. Balai Penelitian Tanaman Horti, Lembang

Tohir A. M. 2010. Teknik Ekstrak dan Aplikasi Beberapa Pestisida Nabati Untuk Menurunkan Pelatabilitas Ulat Grayak Buletin Teknik Pertanian, 15 (1)37 -40

Downloads

Published

2019-04-24

Issue

Section

Articles