PENDAMPINGAN PEMBUATAN PUPUK MOL MASAYARAKAT DESA

Akbal Yaladjuna, Lutpi Samaduri

Abstract


Tujuan pelaksanaan kegiatan ini  yaitu untuk meningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam proses pembuatan pupuk mol berbahan dasar bonggol pisang, rembung bambu, dan buah pepaya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret  2019, bertempat di rumah warga dusun I, dusun II, dusun III, dan dusun IV desa Toliba kecamatan Tojo barat kabupaten Tojo una-una. Pada tahap awal pelaksanaan program yang di laksanakan kegiatan sosialisai tentang pelaksanaan kegiatan pembuatan pupuk mol, persiapan alat dan bahan, kemudian dilanjutka dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan MOL.

Hasil yang didapatkan  yakni pelaksanaan program mampu menghasilkan luaran-luaran yang diharapkan oleh program pengabdian kepada masyarakat yakni meningkatnya pengetahuan masyarakat Desa Toliba dalam pembuatan MOL dengan memanfaatkan potensi yang ada. Serta Meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pemanfaatan bahan dasar (Bonggol Pisang, Rebung bambu dan Buah Pepaya)  untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif pupuk organik bagi tanaman.

 

Kata kunci: MOL, Limbah Organik, Pendampingan .


Full Text:

PDF Download

References


Budiyani, Ni Komang, Ni Nengah Soniasari, dan Ni Wayan Sri Sutari. 2016.“Analisis Kualitas Larutan Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang”.E-Jurnal Akroekoteknologi Tropika.Vol. 5, No. 1

Leonardo, M. 2009. Pengaruh Air Cucian Beras terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat dan Terung. www.portalgaruda.org. Diakses tanggal 16 Juni 2015.

Liferdi, L. 2008. Korelasi Kadar Hara Fosfor Daun dengan Produksi Tanaman Manggis. J. Hort. 18(3):283-292. www.portalgaruda.org. Diakses tanggal 29 September 2015.

Maspary, 2012. Membuat MOL rebung bamabu. http://gerbangpertanian.com.

Diakses pada 20 april 2015.

Mulyono, 2014.” Membuat Mol dan Kompos dari Sampah Rumah Tangga”. PT. AgoMedia Pustaka : Jakarta.

Nisa Khalimatu. 2016 Memproduksi Kompos dan Mikro Organisme Lokal (MOL). Jakarta: Bibit Publisher.

Supriyadi, A. 1991.Pisang Budidaya, Pengelolahan dan Prospek Pasar. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suryanto, E. 2009. Air Kelapa Dalam Media Kultur Anggrek. (online). (http://wawaorchid.wordpress.com/2009.html). Diakses 12 Feb 2019 10:05:15 GMT.




DOI: https://doi.org/10.32529/tano.v2i1.234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MONSU'ANI TANO : Jurnal Pengabdian Masyarakat



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Pada Masyaratakan Universitas Muhammadiyah Luwuk

View My Stats Flag Counter