BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI SEKOLAH DASAR DI DESA BAHARI KECAMATAN TOJO KABUPATEN TOJO UNA UNA

Retno Adhy Putra B, Muh. Rafii

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini adalah pengajaran Bahasa Inggris untuk pembelajar usia muda, yaitu pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak (English for Children) dalam bentuk bimbingan belajar bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi Sekolah Dasar (SD). Tujuan pengajaran bahasa yang dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui cara yang tepat dalam menyediakan bimbingan belajar Bahasa Inggris untuk anak-anak usia sekolah dasar khususnya di Desa Bahari, serta untuk mengetahui bahwa les atau bimbingan belajar bahasa Inggris efektif untuk anak-anak usia Sekolah Dasar. Kegiatan bimbingan belajar Bahasa Inggris ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Desa Bahari, Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una Una. Bimbingan belajar cukup efektif membantu anak usia Sekolah Dasar Desa Bahari untuk meningkatkan pengetahuan seperti Alpabet dalam menggunakan Bahasa Inggris. Sisamping itu juga, Sekolah Dasar Desa Bahari tidak memiliki tenaga pendidik Bahasa Inggris dikarenakan kurangnya tenaga pendidik di Kecamatan Tojo khususnya di Desa Bahari. Metode pengajaran memperkenalkan dasar-dasar Bahasa Inggris seperti Alphabet, percakapan dan tebak kata dan bermain (game). Hasilnya, siswa-siswa SD Desa Bahasari mampu mengikuti dan memahami materi yang diajarkan dalam bimbingan belajar.

 

Kata Kunci : bimbingan belajar, bahasa Inggris, pengajaran


Full Text:

PDF Download

References


Ahman & Kartadinata, S. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Imperial Bhakti Utama.

Huda, Nuril. 1999. Menuju Pengajaran Bahasa Berbasis Strategi Belajar: Implikasi Kajian Strategi Belajar Bahasa Kedua. IKIP Malang.

Iskandarwassid., & Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Littlewood, William T. 1984. Foreign and Second Language Learning: Language Acquisition Research and Its Implications for the Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Nunan, D. 2005. Task-Based Language Teaching. London: Cambridge University Press.

Quirk, Randolph. 1972. Linguistic Bonds Across the Atlantic: the English Language and Images of Matter. London: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.32529/tano.v2i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MONSU'ANI TANO : Jurnal Pengabdian Masyarakat



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Pada Masyaratakan Universitas Muhammadiyah Luwuk

View My Stats Flag Counter