RESPON SISWA TERHADAP STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MTS NEGERI 1 BANGGAI
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.264Abstract
Abstrak : Penelitian ini berkenaan dengan Respon siswa terhadap strategi manajemen komunikasi psikologi pendidikan antara guru dan siswa dalam mengatasi kesulitan belajar di MTs Negeri 1 Banggai?. Untuk menjawab masalah tersebut digunakanlah penelitian metode kualitatif dengan analisis manajemen pendidikan Islam. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: Adapun respon siswa terhadap strategi manajemen komunikasi psikologi pendidikan antara guru dan siswa dalam mengatasi kesulitan belajar di MTs Negeri 1 Banggai, sebagai berikut: 1 Awalnya siswa bersikap acuh tak acuh dengan proses pembimbingan, namun karena terus dibimbing dan diarahkan secara kontinyu sikap tersebut berubah menjadi lebih bersunggu-sungguh dalam melaksanakan saran dari guru BK, 2. Merasa senang karena permasalahan yang dialami dapat terselesaikan 3. Siswa merasa lebih dekat dengan guru, karena telah terbangun komunikasi yang baik 4. Siswa merasa senang karena hubungannya dengan guru dapat diperbaiki melalui komunikasi psikologi pendidikan dan 5. Siswa merasa terbantu dalam menyelesaikan masalah pelajaran yang dianggap sulit melalui pembentukan kelompok belajar.
Kata kunci : Respon, Strategi, Komunikasi, Psikologi
References
Burhan Bungin, Peneiltan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Edisi.I (Cet.I, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)
Dedi Supriadi, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), h. 84
Depag RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: al-kamil, 2010
Dojowarsito, Poerwadarminta, Kamus Lengkap Indonesia-Inggris, Cet.1 (Jakarta: Hasta, 1974), h. 96
Hellen. Bimbingan Konseling, (Jakarta : Ciputat Pers, 2002)
Irawan Suhartono, Metode Penelitian Sosial, (Cet.V, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Cet.XVII, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002)
Marzuki, Seri Management Pengantar dan Kegiatannya (Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII, tt
Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Islam, Cet. 1 (Jakarta: Bina Aksara, 1989)
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003)
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1 (Jakarta: Ciputat Press, 2005)
Syafaruddin dan Irwan Nst., Manajemen Pembelajaran, Cet.1 (Jakarta: Quantum Teaching, 2005)
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003, Cet.I, (Jakarta: Sinar Grafika, 2003)