RESPON SISWA TERHADAP STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MTS NEGERI 1 BANGGAI

Authors

  • JUMAHIR JUMAHIR Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.264

Abstract

Abstrak : Penelitian ini berkenaan dengan Respon siswa terhadap strategi manajemen komunikasi psikologi pendidikan antara guru dan siswa dalam mengatasi kesulitan belajar di MTs Negeri 1 Banggai?. Untuk menjawab masalah tersebut digunakanlah penelitian metode kualitatif dengan analisis manajemen pendidikan Islam. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: Adapun respon siswa terhadap strategi manajemen komunikasi psikologi pendidikan antara guru dan siswa dalam mengatasi kesulitan belajar di MTs Negeri 1 Banggai, sebagai berikut: 1 Awalnya siswa bersikap acuh tak acuh dengan proses pembimbingan, namun karena terus dibimbing dan diarahkan secara kontinyu sikap tersebut berubah menjadi lebih bersunggu-sungguh dalam melaksanakan saran dari guru BK, 2. Merasa senang karena permasalahan yang dialami dapat terselesaikan 3. Siswa merasa lebih dekat dengan guru, karena telah terbangun komunikasi yang baik 4. Siswa merasa senang karena hubungannya dengan guru dapat diperbaiki melalui komunikasi psikologi pendidikan dan 5. Siswa merasa terbantu dalam menyelesaikan masalah pelajaran yang dianggap sulit melalui pembentukan kelompok belajar.


Kata kunci : Respon, Strategi, Komunikasi, Psikologi

References

Burhan Bungin, Peneiltan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Edisi.I (Cet.I, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)

Dedi Supriadi, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), h. 84

Depag RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: al-kamil, 2010

Dojowarsito, Poerwadarminta, Kamus Lengkap Indonesia-Inggris, Cet.1 (Jakarta: Hasta, 1974), h. 96

Hellen. Bimbingan Konseling, (Jakarta : Ciputat Pers, 2002)

Irawan Suhartono, Metode Penelitian Sosial, (Cet.V, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Cet.XVII, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002)

Marzuki, Seri Management Pengantar dan Kegiatannya (Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII, tt

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Islam, Cet. 1 (Jakarta: Bina Aksara, 1989)

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003)

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1 (Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Syafaruddin dan Irwan Nst., Manajemen Pembelajaran, Cet.1 (Jakarta: Quantum Teaching, 2005)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003, Cet.I, (Jakarta: Sinar Grafika, 2003)

Downloads

Published

2019-05-23

Issue

Section

Articles