IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

RODI PURWANTO, NUR AHYANI, DESSY WARDIAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan  Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Ogan Komering Ulu).  Metode penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Biologi dan siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi manajemen kurikulum dalam mengembangkan kompetensi siswa pada mata pelajaran biologi, dengan tahap: 1) perencanaan yang melibatkan tim pengembang kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, wakil-wakil kepala sekolah, guru, komite sekolah dan tenaga ahli dari dewan pakar. 2) Pengorganisasian dan pengkoordinasian kurikuklum; 3) pelaksanaan kurikulum dan 4) Evaluasi kurikulum, yang dilakukan dengan memeriksa dokumen kurikulum, wawancara, dan supervisi kelas oleh Kepala sekolah dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dengan panduan instrumen penelitian.


Keywords


Manajemen Kurikulum, Kompetensi Siswa, Biologi

Full Text:

PDF

References


Fadillah, Mardianto, & Nasultion, W. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum dDlam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Jurnal At-Tazakki, 2(1).

Herdani, T., Sartono, N., & Evriyani, D. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan di SMAN 1 Jakarta). Biosfer, 8(1).

Ikhsan, S., & Anisykurlillah, I. (2010). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah SMK Negeri Dan SMK Swasta Se-Karasidenan Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(1), 1–19.

Kurniawan, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(2),

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam V, 7(1), 99–112.

Muhirah. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Jurnal Idaarah, I(2).

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, I(2).

Pebriantika, L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal BAJET (Baturaja Journal of Educational Technology), 2(2).

Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Hakikat Kurikulum. In Kurikulum dan bahan belajar TK (PGTK2403/M). Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License