IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (REVISI) DI SEKOLAH MENEGAH ATAS PADA MATA PELAJARAN PEMINATAN

DEDI MULYADI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi kurikulum 2013 (revisi) disekolah menengah atas pada peminatan IPS di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan penelitian interpretatif,  deskriptif analisis yakni dengan cara mendeskripsikan kata-kata yang kemudian disusul dengan analisis dan pada umumnya untuk memaknai data yang berupa teks atau gambar. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perencanaan kurikulum, sekolah mengadakan dan mengirim guru-gurunya untuk mengikuti seminar, workshop, studi banding, lokakarya serta melalui kajian tentang KTSP dalam forum musyarah guru mata pelajaran (MGMP). Pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum dilakukan oleh guru-guru bidang studi dengan prinsip selalu bekerjasama dan saling mendukung antara guru dengan pimpinan, guru sesame guru, guru dengan pegawai lainnya. yang bertanggung jawab penuh terhadap terlaksananya program kurikulum ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Evaluasi program kurikulum, dilakukan untuk melihat ketercapaian program kurikulum dan sebagai bahan masukan untuk membuat program kurikulum kedepannya. Evaluasi program kurikulum dilakukan oleh sekolah dan kementrian agama propinsi dalam bentuk pengawasan sekolah termasuk program kurikulumnya. Evaluasi dilakukan juga dalam bentuk akreditasi sekolah dan audit sekolah.  Dampak pelaksanaan kurikulum, dengan model pembelajaran yang berbasis kompetensi yang dimiliki dapat meningkatkan keaktifan dan mengaktualisasikan kemampuan diri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.


Keywords


Kurikulum, Manajemen, SMA

Full Text:

PDF

References


Barlian. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Kesuma Jakarta. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan., 1(2).

Creswell. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif,. Kuantitatif, dan Campuran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, M. A. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kusuma, D. C. (2013). Analisis Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum 2013 pada Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jurnal Analisis Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum, 2(1), 1–21.

Ratna. (2011). Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra (Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme, Perspektif Wacana Naratif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sauri, S. (2016). Strategi Pembangunan Bidang Pendidikan Untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu. Bandung: UPI.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234–242.




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License