PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

Authors

  • Rama Nida Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Ida Karnasih Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.441

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Realistik, Berfikir Kreatif, Self-Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang memenuhi kriteria valid dan praktis; 2) Mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang efektif; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis dan perubahanself-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan dua tahap. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Buku Guru (BG), dan Buku Siswa (BS) dengan instrumen yaitu Tes Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis dan Angket Self-Efficacy. Dari hasil uji coba I dan II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) terdapat peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan pada hasil uji coba I dengan uji coba II yaitu sebesar 2,12%; 3) terdapat perubahan kemampuan self-efficacy kearah yang positif dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan pada uji coba I dan uji coba II yaitu sebesar 1,92%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan agar guru matematika mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan realistik dan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.

References

Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effectiveness Of Using Problem Based Learning (Pbl) In Mathematics Problem Solving Ability For Junior High School Students. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(2), 3402–3406. Retrieved from www.ijariie.com

Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Daryanto. (2010). Belajar Dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. Jurnal Silogisme, 3(1), 1–7.

Handoko. (2013). Handoko, H. (2013, October). Pembentukan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model SAVI Berbasis Discovery Strategy di Laboratorium Teezania. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26, 287–192. Semarang.

Hariyati, H., Indaryanti, I., & Zulkardi, Z. (2013). Pengembangan Materi Luas Permukaan Dan Volum Limas Yang Sesuai Dengan Karakteristik Pmri Di Kelas Viii Smp Negeri 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.22342/jpm.2.1.298.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–97. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Lestari, U. P., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2015). Penggunaan Set Model Dan Permainan Remi Bilbul. Sekolah Dasar, 24(2), 187–198.

Munandar, U. (2013). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramachandran, V. S. (2012). Encyclopedia of human behavior. New York: Academic Press.

Risnawaty. (2013). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Self-Efficacy Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Trigonometri. Beta, 6(1), 37–45.

Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rusmono. (2013). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Solichin Mujianto. (2017). Analisis daya beda soal. taraf kesukaran, butir tes, validitas butir tes, interpretasi hasil tes valliditas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Journal Unipdu, 2, 192–213. Retrieved from journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/download/879/637%0A%0A

Tanjung, H. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkankemampuan Komunikasi Matematis Siswasmp. Jurnal MAJU, 4(1), 1–11.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenada Media Grup.

Wahyu Hidayat, U. S. (2013). Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Logis Matematik Serta Kemandirian Belajar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 42–49.

Wahyuningrum, E. (2013). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dengan MEAS. Jurnal Pendidikan, 14(1), 1–10.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan ... Nur Sri Widyastuti, Pratiwi Pujiastuti 183. Prima Edukasia, 2(2), 183–193.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijayanti, S. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X.7 Sma Negeri 1 Pulokulon. Magistra, 28(95), 82–88.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles