PERNGARUH MODEL APOS BERBASIS ICT DAN MODEL M-APOS TERHADAP SELF EFFICACY MAHASISWA

ITA HANDAYANI, WIDYAH NOVIANA

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menelaah  perbedaan self efficacy antara mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran APOS berbasis ICT dengan mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran M-APOS. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Pamulang. Metode penelitian yaitu quasi experiment dengan desain penelitian berbentuk berbentuk nonequivalent group posttest-only design. Data yang dianalisis yaitu skor kuisioner self efficacy dengan teknik analisis menggunakan uji-t. Instrument yang digunakan berupa kuisioner self efficacy. Pengujian prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan levene-test. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan multistage sampling. Hasil pengujian prasyarat analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 memiliki data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy mahasiswa yang diberi model Pembelajaran APOS lebih tinggi daripada mahasiswa yang diberi model pembelajaran M-APOS.


Keywords


Model, Pembelajaran, APOS, M-APOS, Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2013). Effects of Self-Efficacy on Students’ Academic Performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.12928/jehcp.v2i1.3740

Badura, A. (1997). Self-efficacy the exercise of control. W. H. Freeman and Company.

Muchtar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Modification- Action , Process , Object , Schema ( M-Apos ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Stella, O., & Glory N., D. A. (2018). Statistics Self-Efficacy And Learning Styles As Predictor Of Statistics Anxiety. International Journal of Scientific Research and Management, 6(04), 240–248. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i4.el06

Sundayana, R. (2012). Pengaruh perkuliahan Statistika berbantu Ms. Excel dan SPSS dengan model pembelajaran tutorial terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License