PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKAN BAN DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS IV & V SDN INPRES BANGGAI TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Authors

  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/bsej.v1i1.523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pembelajaran lompat jauh menggunakan ban dapat meningkatan prestasi lompat jauh. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres Banggai  yang melibatkan kelas IV & V semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 31 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian, dengan menggunakan metode classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas), yang bertujuan untuk memperoleh perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran di SDN Inpres Banggai . Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.

 

Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan: (1) teknik observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dalam belajar yang disusun oleh peneliti sebelum pembelajaran berlangsung; (2) Teknik tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam setiap siklusnya; (3) Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kondisi sekolah objek penelitian serta proses belajar mengajar di sekolah. Adapun subjek yang diwawancarai adalah kepala SDN Inpres Banggai  dan guru penjaskes di SDN Inpres Banggai ; dan (4) Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa gambar selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis dengan deskriptif inferensial dan deskriptif statistik.

References

Agung, A.A.Gede. 1996. Pengantar

Evaluasi Pendidikan. Singaraja.

STKIP Singaraja

Agus S. Suryobroto. 2004. Diktat Mata

Kuliah Sarana dan Prasarana

Pendidikan Jasmani. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen

Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

-------. 1992. Prosedur Penelitian; Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Azhar Arsyad, M.A. 2005. Media Pembelajaran, Jakarta : Depdiknas Yrama Widya

Depdiknas. 2003. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jakarta : Bagian Proyek Peningkatan Mutu Pelajaran IPA (SEQIP)

Eddy Purnomo. 2007. Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik, Yogyakarta: FIK UNY

Hujair AH Sanaky. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press

Johanata, Ari Mamang. 2009.

Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan pemberian Media Pembelajaran di SLTPN 1 Pracimantoro Wonogiri.

Yogyakarta: Universitas Negeri

Yogyakarta.

Kurniawan, Wawan. 2012. Teknik

Pemodelan sebagai Upaya untuk

Meningkatkan Prestasi Lompat

Jauh Siswa Kelas VIIIE SMP

Negeri 1 Palibelo Tahun

Pelajaran 2012/2013. Bima:

STKIP Taman Siswa.

LAAF : 2000. Mengajar Pendidikan

Jasmani, Jakarta : Direktorat

Jenderal Olahraga, Depdiknas

Moleong, Lexi, J. 2002. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Remaja

Rosdakarya: Bandung.

Salahuddin Muhammad 2018. Kontribusi Daya Ledak Tungkai dan KeseimbanganTerhadap Kemampuan Lompat Jauh Siswa SMP Negeri 1 Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser, Oktober 32 Vol.2No.2.http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/view/92

Tim Penyusun. 2003. Pedoman Tugas

Akhir. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta

Winkel, W.S. 1983. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Zainal Aqib. 2006. Penelitian Tindakan

Kelas, Bandung : CV Yrama

Widya

UUD 1945, GBHN 1999, Tap-tap MPR

RI 1999. Semarang: CV. Aneka

Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 2 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta : Diperbanyak Oleh Media

Wiyata.

Downloads

Published

2020-04-16

Issue

Section

Articles