MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU

Penulis

  • Arten H Mobonggi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ritmon Amala IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Febrianto Hakeu IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Titin Suhartini Kaaba IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.1947

Kata Kunci:

Kata Kunci, Manajarial Kepala Madrasah, Supervisi Akademik, Profesionalitas Guru

Abstrak

Dalam meningkatkan profesionalitas guru di madrasah, manajerial kepala madrasah sangatlah penting, sebagai pemimpin dalam lembaga pendidikan, kepala madrasah mempunyai tanggung jawab atas tercapainya tujuan pendidikan melalui pemberdayaan tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (non guru/TU, staf, pegawai, dan lain-lain). Hal ini sebagaimana tertuang dalam Dalam Peraturan Pemerintah Pasal 12 ayat 1 tahun 1990 tentang pendidikan dasar bahwa, Kepala sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru melalui supervisi akademik. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan tata cara deskriptif. Ada pula alibi yang mendesak penu lis memakai tata cara deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebab riset dengan tata cara deskriptif dicoba periset mau menanggapi persoalan-persoalan tentang fenomena yang terdapat ataupun berlaku saat ini, ini mencakup riset tentang fenomena sebagaimana terdapatnya, ataupun pengkajian hubungan- hubungan antara bermacam variabel dalam fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ditemukan bahwa, di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al-Azhfar Gorontalo Utara manajerial kepala madrasah masih sangat kurang, hal ini didasari dengan tidak adanya pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah secara periodik, selanjutnya para guru masih kurang menguasai proses pembelajaran dengan tidak adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dimiliki oleh guru, dan juga para guru tidak menguasai kompetensi guru yang semestinya dimiliki oleh setiap guru.

Referensi

Arifin, Jenal. 2022. “Implementasi Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kompetensi Profesional Guru.†Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(9):3850–57. doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.918.

Dewany, Rahayu. 2022. “Penerapan Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Siswa.†Education & Learning 2(2):83–87.

Florentinus Minarta Nua. 2020. “Tunjangan Profesi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Karakter Peserta Didik.†REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen 9(2):250–66. doi: ttps://doi.org/10.32503/revitalisasi.v9i2.1369.

Huda, Mualimul. 2018. “Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai).†Jurnal Penelitian 11(2):237–66. doi: 10.21043/jupe.v11i2.3170.

Illahi, Nur. 2020. “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial.†Jurnal Asy-Syukriyyah 21(1):1–20. doi: 10.36769/asy.v21i1.94.

Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.†Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran 2(1):34–40. doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.

Ismail, Muh. Ilyas. 2010. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.†Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 13(1):44–63. doi: 10.24252/lp.2010v13n1a4.

Malayu, Hasibuan. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nada, Lukluk Quthrotun. 2021. “PERAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MTS DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO).â€

Putri, Ayu Dwi Kesuma, and Nani Imaniyati. 2017. “Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2(2):93. doi: 10.17509/jpm.v2i2.8109.

Ridwan, Muh. 2012. Pengaruh Kedisiplinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 1 Bobolio Kecamatan Wawonii Selatan Kabupaten Konawe.

Rusneli, Rusneli, Sumadi Sumadi, and Dedy Hermanto Karwan. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Disiplin Kerja Dan Konsep Diri Terhadap Kompetensi Profesional Guru.†JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN 6(1).

Saputra, Fedry. 2022. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Manajemen Sekolah.†Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam 1(1):1–23. doi: https://doi.org/10.47498/skills.v1i1.1048 KEPEMIMPINAN.

Sesriyanti, Lodya, Saiful Anwar, and Harlinda. 2022. “Guru Sebagai Sebuah Profesi (Cintai Profesinya, Senangi Pengalamannya, Nikmati Kebahagiaanya).†Google Book 171. Retrieved October 1, 2022 (https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=K3pjEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA133&dq=Setidaknya+ada+7+(tujuh)+ciri-ciri+profesionalisasi+jabatan+guru+yaitu:+a)+Guru+bekerja+semata-mata+hanya+memberi+pelayanan+kemanusiaan+bukan+usaha+untuk+kepentingan+pribadi,+b)).

Susanto, Amri. 2017. “Manajemen Pemberdayaan Guru Di MTs Al-Ulum Medan.†Jurnal Ansiru 1(1):24–42. doi: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v1i1.806.

Suyanto, and Asep Jihad. 2013. “Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global.†Google Books 287. Retrieved October 1, 2022 (https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=nMEVBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Seorang+guru+secara+ideal,+memiliki+tugas+ganda+yakni+sebagai+pengajar+dan+pendidik.+Guru+sebagai+Sebagai+pendidik+tugasnya+menyangkut+pembinaan+pribadi,+pengembangan+sikap+moral+).

Yulianti, Rika. 2014. “Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Di SMPN 10 Padang.†Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan 2(1):631–35.

Diterbitkan

2022-11-11

Terbitan

Bagian

Articles