MEMBENTUK NILAI-NILAI KEBERAGAMAN MELALUI KULTUR MADRASAH INKLUSI
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.743Keywords:
kultur madrasah, madrasah inklusi, nilai keberagamanAbstract
Madrasah inklusi identik dengan siswa yang beragam. Madrasah inklusi tidak hanya tempat belajar bagi siswa yang normal, tetapi juga untuk anak berkebutuhan khusus dari berbagai jenis. Keberagaman di dalam lembaga pendidikan inklusif  tidak jarang menimbulkan sikap diskriminasi. Menghargai perbedaan karena keragaman masih menjadi tantangan bagi penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai keberagaman di madrasah inklusi. Lokasi penelitian di MI NW Tanak Beak. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Masalah yang dikaji adalah bagaimana proses pembentukan nilai-nilai keberagaman di madrasah inklusi? Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai keberagaman diinternalisaikan melalui pendekatan kultur madrasah. Elemen kultur madrasah dikembangkan melalui pemodelan/keteladanan, kegiatan rutin madrasah, kegiatan eventual/momen, nilai-nilai madrasah, artefak madrasah, budaya belajar, budaya tutur, pengondisian, dan penguatan nilai keberagaman di madrasah. Melalui implementasi nilai-nilai keberagaman tersebut diharapkan masing-masing siswa dapat menghargai dan menghormati perbedaan, serta dapat memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tiap individu.
References
Arjanggi, Ruseno and Titin Suprihatin. 2010. “Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri.†Makara Human Behavior Studies in Asia 14(2):91–107.
Creswell, John W. 2012. Educational Research, Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Fourth. edited by Matthew Buchholtz. Boston, USA: Pearson.
Febrian, Ricky. 2019. “Dakwah Persuasif Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di SLBN Baradatu Kabupaten Waykanan (Studi Upaya Meningkatkan Pemahaman Agama).†Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Gay, Geneva and Tyrone C. Howard. 2000. “Multicultural Teacher Education for the 21st Century.†The Teacher Educator 36(1):1–16.
Herlina, N. Hani. 2017. “Pendidikan Multikultural: Upaya Membangun Keberagamaan Inklusif Di Madrasah/Sekolah.†ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 2(2):80–94.
Herviani, Vivi Kurnia, Istiana Istiana, Tri Budi Sasongko, and Lingga Fajar Ramadhan. 2019. “Evaluasi Peserta Didik Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Di Kota Bontang.†JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 1(2):146.
Husna, Difaul. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Religius Bagi Anak Tunalaras Di SLB E Prayuwana Yogyakarta.†Jurnal Tarbiyatuna 11(1):1–10.
Imam, Hoirull and Aida Arini. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa MTs. Buq’atul Mubarokah Pakalongan Sampang Jawa Timur.†Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 2(2):66–71.
Inah, Ety Nur. 2015. “Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa.†Al-Ta’dib 8(2):150–67.
Irvine, Jacqueline Jordan. 2012. “Complex Relationships Between Multicultural Education and Special Education.†Journal of Teacher Education 63(4):268–74.
Islamiah, Robiatul. 2018. “The Implementation Of Multicultural Education To Social Studies Learning Through Art And Culture On 21.†Pp. 351–60 in International Seminar on Social Studies and History Education (ISSSHE).
Maftuhin, Arif. 2016. “Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, Dan Penyandang Disabilitas.†INKLUSI 3(2):139–62.
Mahabbati, Aini. 2010. “Pendidikan Inklusif Untuk Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku (Tunalaras).†Jurnal Pendidikan Khusus 7(2):52–63.
Mayasari, Mayasari. 2016. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.†INKLUSI 3(1):1–18.
Ngalu, Rudolof. 2019. “Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Kultur Sekolah.†Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):84–94.
Nganga, Lydiah. 2019. “Preservice Teachers’ Perceptions and Preparedness to Teach for Global Mindedness and Social Justice Using Collaboration, Critical Thinking, Creativity and Communication (4cs).†Journal of Social Studies Education Research 10(4):26–57.
Nurhansari, Luxvina. 2018. “Identifikasi Perilaku Anak Tunalaras ( Anak Agresif ) Di Sekolah Inklusi Siswa Kelas I SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 29(7):2.884-2.895.
Primandha Sukma Nur Wardhani. 2018. “Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Keberagaman Dan Meningkatkan Persatuan Bangsa Di Sekolah Inklusi.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang 8(1):1–13.
Rahmawati, Kiki and Laila Fatmawati. 2016. “Penanaman Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural.†Pp. 293–302 in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Rajab. 2019. “Implementasi Program Shalat Dhuha Dan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Pada Sekolah SD Al Hira Permata Nadiah Medan).†Jurnal ANSIRU PAI Vol. 3(2):73–78.
Saihu, Made Made and Abdul Aziz. 2020. “Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.†Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5(1):131–49.
Sayska, Dwi Sukmalia. 2017. “Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Sunnah Rasullullah.†Jurnal Manajemen Pendidikan Dan KeIslaman 6(2):1–13.
Shannon-Baker, Peggy. 2018. “A Multicultural Education Praxis: Integrating Past and Present, Living Theories, and Practice.†International Journal of Multicultural Education 20(1):48–66.
Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, Arif Widodo, and Deni Sutisna. 2019. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah.†Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6(1):61–71.
Sulistyadi, Hery Kurnia. 2014. “Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Inklusif Di Kabupaten Sidoarjo.†Kebijakan Dan Manajemen Publik 2(1):1–10.
Supraptiningrum, Supraptiningrum and Agustini Agustini. 2015. “Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Karakter (2):219–28.
Supriyanto, Agus and Amien Wahyudi. 2017. “Skala Karakter Toleransi: Konsep Dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan Dan Kesadaran Individu.†Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 7(2):61.
Tichá, R., B. Abery, C. Johnstone, A. Poghosyan, and P. Hunt. 2018. Inclusive Education Strategies: A Textbook. Minneapolis: University of Minnesota.
Widodo, Arif. 2020. “Proses Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Madrasah Inklusi ( Studi Deskriptif Di MI NW Tanak Beak Lombok Barat ).†JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 3(1):27–38.
Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Agam Royana. 2020. “Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar.†MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman 11(1):1–21.
Widodo, Arif, Mohammad Archi Maulyda, Asri Fauzi, Deni Sutisna, Nursaptini Nursaptini, and Umar Umar. 2020. “Tolerance Education Among Religious Community Based on the Local Wisdom Values in Primary Schools.†Pp. 327–30 in Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019). Vol. 465. Paris, France: Atlantis Press.
Widodo, Arif and Nursaptini. 2020. “Problematika Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Terhadap Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif Di Lombok Tengah).†J E N D E L A P E N D I D I K A N 9(2):129–35.
Yarfin, La Ode and Suyadi. 2020. “Pendidikan Akhlak Pada Anak Tunalaras Di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta.†Jurnal Pendidikan Islam 11(1):68–85.
Yulianto, M. Joni. 2014. “Konsepsi Disabilitas Dan Pendidikan Inklusif.†INKLUSI 1(1):19.
Zaenuri, Ahmad. 2017. “Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Pengajaran.†JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education I(I):41–67.