PENGGUNAAN SINEMATOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.740Keywords:
Cinematography, Islamic Education, Media, Learning, FilmAbstract
Penggunaan teknologi untuk pendidikankinisemakin berkembang. Teknology digunakan mulai dari administrasi hingga proses pembelajaran. Salah satuteknologiyang dapatdikembangkan sebagai media pembelajaran ialah sinematografi. Penulisan ini bertujuan agar dapat memberikan wawasan dan pandangan terkait penggunaan sinematografi dalam pembelajaran, khususnya pada proses pembelajaran PAI. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih variatif, menarik dan tidak membosankan serta mampu mengakomodir modalitas siswa dalam belajar.References
Aka Kamarulzaman. (2005). Kamus Ilmiah Serapan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Absolut
Azhar Arsyad. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Baharun, Hasan. Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure. Jurnal Cendekia, 14. 2 (2016) : 243
Firmansyah, Rico Anthony,dkk. Pengaruh Penggunaan Film sebagai Media Belajar terhadap Pencapaian Higher Order Thinking Skill pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNAIR. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. 03.1 (2014): 45
Handayani, Muslih Aris. Studi Peran Film salam Dunia Pendidikan. INSANIA; Jurnal Pemikiran ALternatif Kependidikan. 11.2 (2006): 2
Mumtahanah, Nurotun. Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 4.1(2014) :92
Musfiqon, H M. 2010. Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta. Prestasi pustaka.
Rimbarizki, Rimbun. et.al. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. Jurnal UNESA -.- (2017): 6.
Sumiati dan Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Tenriawaru,dkk. Analisis Korelasi antara Golongan Darah Tipe Abo dengan Modalitas dan Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Dinamika. 7 .1(2016) : 42