IMPLEMENTASI LANDASAN SOSIOLOGIS DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BERBASIS KEAGAMAAN DI SMAN 1 PLERET BANTUL

Authors

  • RIMA YUNI SAPUTRI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.696

Keywords:

Landasan Sosiologi, Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi landasan sosiologis pengembangan kurikulum melalui kurikulum muatan lokal berbasis keagamaan di SMAN 1 Pleret Bantul. Adapun metode penilitan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, uji validitas data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai implementasi landasan sosiologis pengembangan kurikulum, SMAN 1 Pleret Bantul mengembangkan kurikulum muatan lokal berbasis keagamaan. Muatan lokal berbasis keagamaan ini diwujudkan baik dalam bidang ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan didukung oleh beberapa kegiatan keagamaan yang dilaksanakan secara rutin di sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sikap religiusitas siswa sehingga terwujud dalam bentuk akhlak dan perilaku moral dalam perilaku siswa sehari-hari baik di sekolah, rumah, maupun di masyarakat.

References

Bahri, Syamsul, Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. XI, No. 1, (Agustus 2011), https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura

Hadi, Saiful, Inovasi Kurikulum Keagamaan di SMAN 1 Pamekasan, “Jurnal Tarbiyah STAIN Pamekasanâ€, Vol. 10, No. 1, (2015), http://ejournal.stainpamekasan.ac.id

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Cet. Ke-2, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Cet. Ke-2, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Mukhlason, Muhammad, Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Seni Hadrah Pasuruan, “Jurnal Studi Islamâ€, Vol. 10, N0. 2, (2015), http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2202/2393

Nasir, Muhammad, Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal dalam Konteks Pendidikan Islam di Madrasah, “Jurnal Hunafaâ€, Vol. 10, No. 1, (Juni 2013), https://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa

Rofik, Budaya Lokal Sebagai Kurikulum Muata Lokal dalam PAI, “Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikanâ€, Vol. 4, No. 1, (2019), http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah

Rusman, Manajemen Kurikulum,Depok: Raja Grafindo Persada., 2018.

Sahlan, Asmaun, “Pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Studi Multi Kasus SMAN 1, SMAN 3, SMA Salahuddin Malangâ€, Disertasi, IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru Offset, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Cet. Ke-24, Bandung: Alfabeta, 2016.

Sukirman, Dadang, Landasan Pengembangan Kurikulum, Bandung: UPI Edu. Tth.

Suparta, Implmentasi Kurikulum Muatan Lokal PAI Tingkat SMP di Kabupaten Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, “Nadwa: Jurnal Pendidikan Islamâ€, Vol. 9, No. 1, (2015), http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/download/525/474

Suparta, Model Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Karakter di SMPN 2 Koba Kabupaten Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, “Jurnal Studi Agamaâ€, Vol. 17, No. 2, (2018), https://jurnal.uii.ac.id

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Undang-undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003, “Tentang SISDIKNAS Beserta Penjelasannyaâ€, Surabaya: Media Centre.

W.J.S. Poerwardarinta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakrta: Balai Pustaka, 2003.

Winarti Sri, dkk., Panduan Pelaksanaan Muatan Lokal Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud, 2017.

Wiryokusumo, Iskandar dan Usman Mulyadi, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Downloads

Published

2020-11-11

Issue

Section

Articles