MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.691Keywords:
Perilaku Sosial, Metode BerceritaAbstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perilaku sosial anak melalui metode bercerita pada kelompok B TK ABA Simpong.Metode penelitian yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan adanya pelaksanaan metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan sosial anak karena dengan melalui cerita maka hubungan antara guru dan anak didik akan lebih akrab. Pelaksanaan metode bercerita akan lebih efektif apabila ketika guru bercerita agar anak mampu mendengarkan dengan seksama terhadap apa yang disampaikan dan anak bisa bertanya apabila tidak memahaminya sehingga anak dapat menceritakan kembali hingga lambat laun cerita tersebut hikmanya dapat dipahami anak.
References
Bachri S. Bactiar, 2005, Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-kanak Tehnik Dan prosedurnya, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas, 2005, Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-Kanak: Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri, 2005, Guru Dan Anak Didik Dalam Proses Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Madyawati, L (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta. Depdiknas
Nur Mustakim, Muh, 2005. Peran Cerita Dalam Pembentukan PerkembanganAnak TK. Jakarta.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya