PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MADRASAH INKLUSI (STUDI DESKRIPTIF DI MI NW TANAK BEAK LOMBOK BARAT)
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.562Keywords:
Berkebutuhan, Inklusi, KarakterAbstract
Agama Islam sarat dengan pendidikan karakter. Metode pendidikan karakter terhadap anak berkebutuhan khusus tidak sama dengan anak yang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai karakter di madrasah inklusi. Lokasi penelitian di MI NW Tanak Beak Lombok Barat. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumplan data melalui observasi dan wawancara. Masalah yang akan digali dalam penelitian ini antara lain: (1) karakter apa saja yang dikembangkan, (2) bagaimana caranya, (3) tantangan dan hambatan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain religius, menghargai perbedaan, peduli sesama, cinta buku, cinta alam, dan gotong royong. Penanaman karakter melalui pembiasaan, keteladanan, pengondisian, kegiatan ekstrakurikuler dan pendekatan persuasif. Tantangan dan hambatan yang dialami dalam penanaman karakter antara lain guru kesulitan dalam mengendalikan perilaku anak berkebutuhan khusus terutama anak hiperaktif dan tuna laras. Penanaman karakter terhadap anak berkebutuhan khusus tidak bisa dilakukan secara klasikal saja, tetapi juga harus menggunakan pendekatan persuasif.
References
Al-Quran. Al-Quran Dan Terjemahannya. Mahkota Surabaya, 1989.
Aminudin, Siswa. Pengembangan Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Shalat Dhuha Di MI Ma’arif NU Pakuncen Kabupaten Purbalingga. IAIN Purwokerto, 2017.
Arjanggi, Ruseno, and Titin Suprihatin. “Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri.†Makara Human Behavior Studies in Asia, vol. 14, no. 2, Dec. 2010, p. 91, doi:10.7454/mssh.v14i2.666.
Bidjai, Tomi, and Farid Haluti. “Strategi Sekolah Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa Di MIN Tataba Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan.†Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, vol. 1, no. 1, 2018, pp. 12–17.
Cahyani, Niki. “Psikodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa Di Sekolah Inklusif.†INKLUSI, vol. 6, no. 2, Oct. 2019, p. 259, doi:10.14421/ijds.060204.
Imam, Hoirull, and Aida Arini. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa MTs. Buq’atul Mubarokah Pakalongan Sampang Jawa Timur.†Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 66–71.
Laali, Sri Ayu. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lagu Kokonua.†Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, vol. 1, no. 2, 2018, pp. 1–12.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. 26th ed., Remaja Rosdakarya, 2009.
Rahmawati, Kiki, and Laila Fatmawati. Penanaman Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. 2016, pp. 293–302.
Semiun, Yustinus, and OFM. Teori Kepribadian Dan Terapi Psikoanalitik Freud. 5th ed., Kanisius, 2006.
Sobri, Muhammad, et al. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah.†Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 6, no. 1, Mar. 2019, pp. 61–71, doi:10.21831/hsjpi.v6i1.26912.
Supriyanto, Agus, and Amien Wahyudi. “Skala Karakter Toleransi: Konsep Dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan Dan Kesadaran Individu.†Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, vol. 7, no. 2, Nov. 2017, p. 61, doi:10.25273/counsellia.v7i2.1710.
Widodo, Arif, Dyah Indraswati, Radiusman Radiusman, et al. “Analisis Konten HOTS Dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 ‘ Panas Dan Perpindahannya ’ Kurikulum 2013.†Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, vol. 12, no. 1, 2019, pp. 1–13, doi:http://dx.doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744.
Widodo, Arif, Sa’dun Akbar, et al. “Analisis Nilai-Nilai Falsafah Jawa Dalam Buku Pitutur Luhur Budaya Jawa Karya Gunawan Sumodiningrat Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran IPS.†Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), vol. 11, no. 2, 2017, pp. 152–79, http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/ar-ticle/download/1887/1489/.
Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Muhammad Sobri. “Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 Dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia Dan Lingkungan.†Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 8, no. 2, Dec. 2019, p. 125, doi:10.18592/tarbiyah.v8i2.3231.
Widodo, Arif, Husniati Husniati, Dyah Indraswati, et al. “Prestasi Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Ditinjau Dari Segi Minat Baca.†Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 26–36, doi:https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3808.
Widodo, Arif, Linda Feni Haryati, Mohammad Archi Maulyda, et al. “Proses Identifikasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di MI NW Tanak Beak Kabupaten Lombok Barat.†Progres Pendidikan, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 63–71, http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/10/11.
Yanofiandi, and Iskandar Syarif. “Perubahan Neuroanatomi Sebagai Penyebab Adhd.†Majalah Kedokteran Andalas, vol. 33, no. 2, 2009, pp. 179–86, doi:https://doi.org/10.22338/mka.v33.i2.p%25p.2009.