INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.555Keywords:
Interaksi, Edukarif, Guru, SiswaAbstract
Interaksi edukatif adalah interaksi seorang guru kepada siswa yang dimana guru sebagai pembimbing dan siswa sebagai pelajar, interaksi ini yang mendasarinya adalah proses belajar mengajar. Penelitian ini membahas tentang interaksi edukatif guru dengan siswa pada aspek pendidikan. Dalam interaksi edukatif, guru menyampaikan gagasan/ide kepada siswa sehingga tujuan kegiatan belajar mengajar bisa tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah siswa dapat pengetahuan yang luas yang telah diberikan oleh guru secara optimal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan cara menggumpulkan data melalui liberatur-liberatur yang membahas tentang: interaksi guru dengan siswa dalam pendidikan islam, proses belajar mengajar dan ahlak guru ketika mengajar siswa. Sebagai seorang pendidik hendaknya mampu memberikan motivasi dan membekali pembelajaran anak didiknya sesuai dengan perkembangan zaman.
References
Jamaris, Martini. 2015.â€Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikanâ€,Bogor:Ghalia Indonesia.
Mulyasana, Dedy. 2015. “Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saingâ€, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sriwijabat, Anjali, dkk. 2020. “Antologi Hadits Tarbawiâ€, Tasikmalaya: Edu Publishet.
Djihad, Asep, Suyanto. 2012. “Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesionalâ€, Yogayakarta: Multi Pressindo.
Widiastowo, Erwin. 2018. “Cerdas Pengelolahan Kelasâ€, Yogayakarta: Diva Press.
Febrini, Deni. 2017. “Psikologi Pembelajaranâ€, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, Ibnu, Gunawan. 2015.â€Pemikiran Pendidikan Islamâ€, Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Nata, Abuddin, dkk. 2016. “Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik dan Pertengahan’’, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Alpiyando, dkk. 2013. “Aplikasi Pendidikan Karakter dan Metode Pembelajaran yang Mencerdaskan Berbasis Hati Nuraniâ€, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani. 2011. “Dasar-dasar Kependidikanâ€, Bandung: CV Pustaka Setia.
Alim Wal Muta’allim, Adabul. 2016. “ Pendidikan Ahklak untuk Pelajar dan Pengajarâ€, Jawa Timur: Pustaka Tebuireng.
Amirun, Muh, Az Zafi Ashif. 2020. “Membumikan Hadits-hadits Pendidikanâ€, Kudus.
Nata, Abuddin .2010. “Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisiplin’’, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Saehudin, Ahmad Izzan. 2006. “Hadis Pendidikanâ€, Bandung: Remaja Rosda.
Majid Khon, Abdul. 2012.†Hadits Tarbawi: Hadis-hadis Pendidikanâ€, Jakarta: Premadamedia Grub.
Ardayani, Lily. 2017. “ Proses Pembelajaran dalam Interaksi Edukatif kota Lhokseumaweâ€, dalam sirok bastra: Article volume 8.
Hargreaves, Andy. 2000. “Mixed Emotoins: Teachers’ Perceptions of ther Interactions with Student, Canadaâ€, vol 16.
Barone, Thomas. 2002. “ The Moral Dimensions of Teacher Student Interactions in Malaysian Secondrary Schools, Malaysianâ€, vol 18.
C. Abrami, Philip, M. Bernad, Robert, dkk. 2011 “ Interaction in Distance Education and Online Learming: Using Evidence and Theory to Improve Pracrice, Canadaâ€, vol 10.