Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Audiovisual Berbasis Pembelajaran Kontekstual pada Kelas Inklusif

Authors

  • Chairunnisa Djayadin Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai
  • Nurhikmah Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v8i1.3925

Keywords:

Bahan Ajar, Pembelajaran Kontekstual, Inklusif, Audiovisual

Abstract

Bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama dalam memperdalam pemahaman agama, menumbuhkan nilai-nilai spiritual, serta membentuk karakter siswa. Dalam konteks pendidikan inklusif, pengembangan bahan ajar PAI harus mengadopsi pendekatan yang fleksibel dan kreatif untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta didik, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan bahan ajar PAI berbasis audiovisual dalam pembelajaran kontekstual di kelas inklusif SMP Lazuardi Athaillah Makassar. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan guru PAI sebagai objek utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan bahan ajar PAI, ada beberapa prinsip penting yang harus diperhatikan, antara lain kesesuaian materi, kesinambungan, dan kelengkapan isi. Dalam penerapannya di kelas inklusif, bahan ajar audiovisual digabungkan dengan metode pembelajaran kontekstual yang mencakup pendekatan konstruktivisme, diskusi, eksplorasi mandiri, komunitas belajar, pemodelan, refleksi, dan evaluasi autentik. Pendekatan ini memungkinkan semua peserta didik, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus, untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dengan dukungan yang sesuai.

References

Aimang, H. A. B. (2024). The Implementation of Multiple Intelligence-Based Soft Skill Learning Model for Students. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-118-0_102

Alif Syafriza, A., & Ummah, U. (2022). Analisis Muatan Pendekatan Kontekstual dalam Modul Dirasah Islamiah Tema “I Love Allah.” Journal of Nusantara Education, 1(2), 40–52. https://doi.org/https://doi.org/10.57176/jn.v1i2.22

Amaliah, I., & Sudihartinih, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan, 4(2), 6–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp.v4n2

Asiyah, D. (2018). Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Prophetic?: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01), 69–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/prophetic.v1i01.3480

Basi, M., Ramli, M., & Musdalifah, M. (2024). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di MTs DDI Baru Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Diskursus Islam, 12(3), 156–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdi.v12i3.50648

Efendi, I., & Sesmiarni, Z. (2022). Pentingnya Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.22

Febriana, A. A. A., & Sya’bani, M. A. Y. (2024). Implemantasi Media Baca Tulis Al- Qur ’ an Berbasis. Jurnal Pendidikan Islam Al Ilmi, 7(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v7i1.2936

Lubis, F. W., & Albina, M. (2025). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 07(01), 73–89. https://doi.org/https://doi.org/10.46773/muaddib.v7i1.1465

Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, M. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283–290. https://doi.org/https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409

Ulfah, & Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Wulandari, A., & Windarto, W. (2023). Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah (Analisis KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 904. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2084

Yuliyanti, M., Agustin, A., Utami, S. D., Purnomo, S., & Wijaya, S. (2024). Mengembangkan Pendekatan Pendidikan Inklusif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar: Strategi Desain Dan Implementasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 634–649.

Downloads

Published

2025-03-13

Issue

Section

Articles