PENGEMBANGAN MEDIA AJAR VISUAL MEME BERBASIS MODERASI ISLAM PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.369Keywords:
Media Ajar Visual Meme, Moderasi Islam, Mata Pelajaran FiqihAbstract
Penelitian ini tujuan untuk mengetahuai tentang keefektifan penggunaan media ajar visual meme berbasis moderasi Islam pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs. Salafiyah Syafiiyah Seblak. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Dick and Carey dengan mengambil 9 langkah yang diringkas menjadi 4 tahapan, diantaranya tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk hasil, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Berdasarkan penilaian produk diperoleh hasil validasi dari 5 validator ahli, yaitu ahli desain media pembelajaran, ahli materi, ahli bahasa, ahli moderasi Islam, dan ahli pembelajaran dengan persentase sebesar 84,2% dengan kategori sangat valid. Sedangkan dalam uji coba kelas besar mendapat hasil 89,06%. Termasuk kategori sangat baik. Adapun efektifitas produk sebesar 12,73%, dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media ajar visual meme Berbasis moderasi Islam dan sangat efektif dalam proses pembelajaran.
References
Ash-Shiddieqi, Hasbi. Alqur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama RI : Jakarta, 1989.
Darlis, Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikulturai (vol. 13 no.22, 2017; Jurnal Pendidikan)
Fiqih MTs. Depag : Jakarta, 2004
Depag RI, Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah.
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Meme diakses pada 19 November 2018.
Https://blogeulum.blogspot.com, Diakses pada 20 November 2018.
Ilham ,Muh. Representasi Budaya Populer Meme Comic Indonesia.Skripsi.
Makassar Universitas Hassanuddin: Jakarta, 2017.
Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an Al-Karim
M. Hanafi Muchlis, Moderasi Islam “ Menagkal radikalisme Berbasis Agamaâ€. Cet. 1; Pusat Studi Al-Qur’an: Jakarta, 2013.
Observasi di MTs. Salafiyah Syafi’iyah Seblak pada tanggal 01 Desember 2018.
Riva’i,Ahmad dan Sudjana, Nana. Media Pengajaran. Cet. 10; Sinar Baru: Bandung, 2011.
Rohman, Muhammad dan Amri, Sofan. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Cet. 2; Prestasi Pustakarya : Jakarta, 2016.
Team Guru PAI Madrasah Tsanawiyah, Modul Fiqih Kelas VIII Semester Genap, hlm. 2
Tihami, M.A, Sahrai Sohari. Fiqih Munakahat “Kajian Fiqih Nikah Lengkap†Cet. 4 PT RAJA GRAFINDO PERSADA,: Jakarta, 2014