Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ajaran Saminisme

Authors

  • Fina Qotrunnada Fuadiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v8i1.3681

Keywords:

Nilai-nilai Pendidikan Islam, Ajaran Saminisme

Abstract

Ajaran saminisme adalah ajaran yang dianut oleh masyarakat samin, dalam asumsi nilai-nilai pendidikan Islam dapat saling melengkapi dalam membentuk individu yang berkarakter dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk memahami dan mengidentifikasi nilai-nilai yang dapat diintegrasikan dari pendidikan Islam ke dalam ajaran Saminisme. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dari berbagai sumber yang relevan, termasuk artikel dan jurnal, untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kedua ajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai ini tersebut mendukung pembentukan karakter individu yang mampu menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti ketaqwaan, akhlak yang baik, kesederhanaan, dan kepedulian sosial terdapat pada kedua ajaran. Nilai-nilai ini berkontribusi pada pembentukan karakter individu yang dapat menciptakan keharmonisan dalam kehidupan sosial. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam ajaran Saminisme tidak hanya memperkuat identitas budaya masyarakat Samin, tetapi juga meningkatkan kualitas kehidupan sosial mereka. Dengan penerapan nilai-nilai ini, masyarakat Samin dapat menghadapi tantangan zaman modern sambil tetap menjaga nilai-nilai luhur yang menjadi pegangan hidup mereka

References

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 25. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Apriansyah, H. (2013). Saminisme dan Islam Jawa. IBDA`?: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 11(1), 100–110. https://doi.org/10.24090/ibda.v11i1.71

Astuti, P., Mukramin, S., Ismail, L., Yusdayanti, Y., Israwati, I., & Karlina, Y. (2023). Pendidikan Moral Emile Durkheim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 10654–10668. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1959

Danugroho, A. (2020). Eksistensi Tradisi Masyarakat Samin Kabupaten Bojonegoro di Era Modern. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31540/sindang.v2i1.289

Fahma, M. N., Wardhani, Y. P., & Akbar, R. F. (2023). Perubahan Sistem Sosial Masyarakat Samin di Era Digital. Socia Logica, 3(4).

Farikhin, M., & Muhid, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Pendidikan Luar Sekolah. Akademika?: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 18(1), 49. https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.352

Hikmawati, H. (2020). Sedulur Sikep Samin: Antara Pandangan dan Sistem Pengetahuan. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 287–299. https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1380

Jempa, N. (2018). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik, 1(2), 105.

Kristiantoro, S. (2023). Tindakan Sosial dan Perilaku Kolektif Masyarakat Samin (Sedulur Sikep) terhadap Pemeliharaan Lingkungan. SAMI: Jurnal Sosial-Keagamaan dan Teologi di Indonesia, I(2), 115.

Latief, H. (2016). Filantropi dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 28(1), 123. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i1.540

Liani, I. F. A., Fadilla, F. A., & Danugroho, A. (2021). Asal Muasal Wong Jonegoro: Tinjauan Historis Hubungan Wong Kalang dan Masyarakat Samin Bojonegoro. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/historia.v4i2.32751

Marjuni, A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik. Al Asma?: Journal of Islamic Education, 2(2), 210. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16915

Masrur, I. (2013). Pendidikan Islam dalam Upaya Meningkatkan Spiritualitas Anak. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 349. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.347-370

Mulyana, R. (2013). Model Pembelajaran Nilai melalui Pendidikan Agama Islam. PT. Saadah Pustaka Mandiri.

Mumfangati, T., Mumiatmo, G., Sunjata, I. W. P., Sumarsih, S., Susilantini, E., & Christriyati, A. (2005). Kearifan Lokal di Lingkungan Masyarakat Samin Kabupaten Blora Jawa Tengah. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Murbandono, H., L. (2005). Sekilas Saminisme Politik. Sinar Harapan.

Purwasito, A. (2003a). Agama Tradisional: Potret Kehidupan Hidup Masyarakat Samin dan Tengger. LKIS Yogyakarta.

Purwasito, A. (2003b). Memory dan Vocabulary Kebudayaan Tradisional: Samin dan Tengger, dalam Nurudin (ed.), Agama Tradisional. LKIS Yogyakarta.

Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam—Tinjauan Epistemologi Dan Isi—Materi. Eksis, 8(1), 2054.

Sastroatmodjo, S. (2003). Masyarakat Samin, Siapakah Mereka? Penerbit Narasi.

Shofan, Moh. (2004). Pendidikan Berparadigma Profetik. IRCiSoD.

Sri Pinasti, V. I., & Lestari, P. (2018). Masyarakat Samin Ditinjau dari Sejarah dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(2). https://doi.org/10.21831/istoria.v13i2.17737

Tafricha, A. N., & Suhardiyanto, A. (n.d.). Penanaman Nilai-Moral Anak dalam Keluarga Samin (Sedulur Sikep) Kabupaten Blora.

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles