EFEKTIVITAS PENGAJIAN RUTIN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v7i1.2947Keywords:
Efektivitas, Pengajian Rutin, Kesadaran Keagamaan.Abstract
Tantangan globalisasi dan perubahan budaya, penting untuk memperkuat kesadaran beragama, khususnya di kalangan siswa. Penelitian bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pengajian rutin keagamaan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran beragama pada siswa di MAS Sabilul Mukminin Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui seknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 30 siswa kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan pengajian rutin dalam meningkatkan kesadaran beragama pada siswa di MAS Sabilul Mukminin Binjai dengan hasil diperoleh hasil bahwa nilai thitung = 5.114 dan nilai ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh ttabel= 1.697, H0 di terima dan Ha di tolak. Hasil penelitian menunjukkan Kontribusi utama penelitian ini adalah menyoroti efektivitas pendidikan agama rutin dalam meningkatkan kesadaran beragama dan moral siswa. Hasilnya relevan untuk lembaga pendidikan dan panduan program pendidikan holistik.
References
Abdul Hamid. (2020). Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. http://jurnal.upi.edu/file/06_Metode_Internalisasi_Nilai-Nilai_Akhlak_-_Abdul_Hamid1.pdf
Asyura, K. (2023). Membangun Moralitas Masyarakat dan Kaitannya Dengan Kesadaran Beragama di Kecamatan Samalanga. 1, 185–197. https://ejournal.ymal.or.id/index.php/aij/article/view/23
Djamal, S. M. (2017). Pelaksanaan Nilai-nilai Ajaran Islam Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Adabiyah, 17(2), 161–179. https://doi.org/10.24252/jad.v17i1i2a5
Fathony. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 88–98.
Firmansyah, M., Masrun, & S, I. D. K. Y. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Hasanah, D., Edy, & Alek, A. M. (2022). Pengaruh Pengajian Rutin Kaum Ibu Terhadap Peningkatan Kualitas Ibadah. In Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 1, p. 44). https://doi.org/10.56146/edusifa.v7i1.37
Indah Komisiyah. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Teras.
Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652
Khaerudin. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasi Madrasah. Nuansa Aksara.
Lubis, Y. W., & Ritonga, A. A. (2023). MOBILIZATION SCHOOL PROGRAM : IMPLEMENTATION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER PREPARATION IN ELEMENTARY. 06(01), 144–158. https://doi.org/https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.632
Mujizatullah. (2019). Metode Pengajian Kitab pada Pondok Pesantren Salafiyah Darul Muttaqin Mannanti Kabupaten Sinjai. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 157–174.
Oktavia, E., & Mastanora, R. (2020). Manfaat Mengikuti Pengajian Rutin dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 1(2), 74. https://doi.org/10.31958/istinarah.v1i2.1816
Oktonika, E. (2020). Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kesadaran Beragama Pada Remaja di Abad 21. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(3), 159. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.389
Puspita, S. D. (2022). Kesehatan Mental dan Penanganan Gangguannya Secara Islami di Masa Kini. Jurnal Forum Kesehatan : Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.52263/jfk.v12i1.240
Ramdani, I. T., Maya, R., & Sarifudin, A. (2023). Pengaruh Pengajian Rutin Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Plus Qurrota A ’ yun Samarang Garut. 03(02), 429–446.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Rosmalina, A., Syekh, I., Cirebon, N., & Khaerunnisa, T. (2021). Bimbingan Pengembangan Kesadaran Beragama Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2), 169–179. https://doi.org/10.24235/equalita.v3i2.9840
Santoso, S. (2018). Menguasai statistik dengan spss 25. PT Elex Media Komputindo.
Simarmata, J. (2020). Pengantar Statistik: Teori dan Praktik. Medan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Trianto, A. (2016). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kota Palembang. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 12(1), 65–77. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v12i1.92
Wahidmurni. (2017). Pemaparan metode penelitian kuantitatif. In Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Zulkifli A, Sa’adah, N., & Alawiyah, D. (2022). Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Qur’Ani Dalam Menumbuhkan Kesadaran Beragama Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 8(1), 88–94. https://doi.org/10.47435/mimbar.v8i1.892
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.