STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MTs NEGERI 1 BANGGAI
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i2.257Abstract
Abstrak : Penelitian ini berkenaan dengan Strategi Manajemen Komunikasi Psikologi Pendidikan Antara Guru Dan Sisa Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di MTs Negeri 1 Banggai. Uraian penelitian ini berangkat dari rumusan masalah yakni: Bagaimana Strategi Manajemen Komunikasi Psikologi Pendidikan Antara Guru Dan Siswa Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di MTs Negeri 1 Banggai?. Untuk menjawab masalah tersebut digunakanlah penelitian metode kualitatif dengan analisis manajemen pendidikan Islam. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: Strategi manajemen komunikasi psikologi pendidikan antara guru dan siswa dalam mengatasi kesulitan belajar di MTs Negeri 1 Banggai, sebagai berikut: Penanganan kasus siswa yang bermasalah yang dilakukan oleh Guru BK setelah mendapat laporan dari guru bidang studi dan wali kelas, sebelum melaporkan siswa terlebih dahulu masalah tersebut diselesaikan oleh guru dan wali kelas, Untuk menyelesaikan masalah siswa, guru BK mendalami permasalahan tersebut dengan mencari informasi dari guru yang melapor maupun dari siswa, dengan cara: 1, Guru BK memulihkan mental siswa yang bermasalah, kerena siswa yang bermasalah memiliki mental yang tidak stabil. 2. Mendalami masalah yang dialami oleh siswa. 3. Memberikan solusi berdasarkan permasalahan yang timbul. 4. Melakukan bimbingan kepada siswa secara kontinyu sampai maslah tersebut selesai dan 5. Membangun komunikasi dengan siswa dan meminta guru atau wali kelasnya untuk memberikan perhatian lebih selama proses komunikasi berlangsung.
Â
Kata kunci : Strategi manajemen komunikasi psikologi pendidikanReferences
Burhan Bungin, Peneiltan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Edisi.I (Cet.I, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)
Dedi Supriadi, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), h. 84
Dojowarsito, Poerwadarminta, Kamus Lengkap Indonesia-Inggris, Cet.1 (Jakarta: Hasta, 1974), h. 96
Hellen. Bimbingan Konseling, (Jakarta : Ciputat Pers, 2002)
Irawan Suhartono, Metode Penelitian Sosial, (Cet.V, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Cet.XVII, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002)
Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Islam, Cet. 1 (Jakarta: Bina Aksara, 1989)
Marzuki, Seri Management Pengantar dan Kegiatannya (Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII, tt),
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003)
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1 (Jakarta: Ciputat Press, 2005)
Syafaruddin dan Irwan Nst., Manajemen Pembelajaran, Cet.1 (Jakarta: Quantum Teaching, 2005)
Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003, Cet.I, (Jakarta: Sinar Grafika, 2003)