KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DIJAMAN MELENIA DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGRI BANGGAI KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • MASRION TAHAWALI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i2.255

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengungkap bagaimana kompetensi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dijaman melenia di Madrasah Aliyah Negri Banggai Kabupaten Banggai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam, pengamatan berparstisipasi dan dokumnetasi. Tehnik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti baik melalui interview, obesrvasi, dan dokumentasi maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dijaman melenia di Madrasah Aliyah Negri Banggai Kabupaten Banggai cukup baik karena dipengaruhi dengan adanya lingkungan yang baik. Hal ini terbukti dengan cukup antusiasnya siswa dalam mengikuti kegiatan – kegiatan yang diadakan sekolah untuk menumbuhkan semangat belajar, ada beberapa cara yang dilakukan guru Madarash Aliyah Negri Banggai kabupaten Banggai untuk menumbuhkan minat belajar dijaman melenia yaitu : memberikan hadiah, melakukan pendekatan, memberikan pujian. Disamping itu, diketahui bahwa para guru yang mengajar disini adalah mayoritas lulusan perguruan tinggi , ditambah dengan adanya fasilitas yang memadai sehingga para guru dapat lebih leluasa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Selain itu, memberikan kebebasan memilih startegi, metode, tehnik pembelajaran dan pengajaran yang paling efektif, sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan latar belakang pendidikan guru tersebut.

Kata kunci : Komptensi Guru, Motivasi Belajar

References

Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2008.

Al Imam Abu Abdullah Muhammad Bin Ismail. Shahih Bukhori Juz I. Terjemah oleh Ahmad Sunarto. 1992, Semarang CV Asy Syifa.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006.

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta,2009

Djamaroh, Saiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surbaya, Usaha Nasional, 1994.

Gintings, Abdorrakhman. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung, Humaniora, 2008.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta. PT Bumi Aksara, 2008.

Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali, 2007.

Suparno, P. Guru Demokrasi di Era Reformasi Pendidikan. Jakarta : PT, Gramedia, 2003.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : CV Alfabeta, 2008.

Uno. Hamzah B. Profesi Keguruan. Jakarta : Bumi Aksara, 2007

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2018-11-12

Issue

Section

Articles