STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK

Authors

  • SUKMAWATI SUKMAWATI Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • KHAIRUL AKBAR Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.2434

Keywords:

Strategi guru, Baca Tulis, Al-Qur’an

Abstract

Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam meningkatkan keterampilan baca dan tulis Al-Qur'an (BTQ) peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa di SMP Negeri SATAP Tolokibit dan apa saja kendala dan solusi dari strategi Guru PAI  dalam meningkatkan keterampilan BTQ Metode penelitian ini adalah kualitatif dimana peneliti langsung ke lapangan untuk penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Guru PAI dalam memperbaiki Kemampuan BTQ Siswa di SMP Negeri SATAP Tolokibit, yaitu 1) Sebelum memulai pembelajaran Agama Islam guru menugaskan siswa untuk BTQ sambil dikoreksi bacaannya selama 20 menit. 2) Penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran meningkatkan keterampilan BTQ siswa, seperti:(a) ceramah, (b) tanya jawab, (c) pelatihan. 3) Penggunaan media LCD dalam pembelajaran membaca dan menulis agar Al-Quran lebih menarik 4) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan literasi Al-Quran yaitu: (a) Siswa yang BTQ di sekolah memiliki waktu belajar yang terbatas. (b) Terdapat sedikit variasi baca Al-Qur'an. 5) Solusi atas kendala yang dihadapi dalam meningkatkan keterampilan BTQ siswa dengan berbagai cara, terutama dengan memanfaatkan dan memanfaatkan waktu belajar di sekolah dan bekerjasama dengan orang tua dan guru pengajian. Hal ini juga berdampak unik pada minat baca tulis Al-Qur'an siswa di lingkungan sekolah, di lokasi desa Tolokibit, dengan menggunakan media-media mutakhir yang semakin banyak

References

Arifin, M. (2003). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

As-Shalih, S. (2009). Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur'an. Jakarta: PT. Pustaka Firdaus.

Basyirun, M. U. (2005). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Quantum Teaching.

Hafni, L. (2005). Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Quantum Teaching.

Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesendo.

Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syatiri, M. A. (1982). Pedoman Pengajian Al Qur'an Bagi Anak-Anak . Jakarta: Pusat Kajian Ditjen Bimas Islam dan Urusan Haji Depag RI.

Zain, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles