PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENANAMAN NILAI BUDAYA ISLAMI

Authors

  • Aji Luqman Panji UINSI Samarinda
  • Achmad Ruslan Afendi UINSI Samarinda
  • Akhmad Ramli UINSI Samarinda
  • Sudadi Sudadi
  • Agus Mubarak

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2155

Keywords:

Pendidikan Islam, Penanaman Nilai, Budaya Islami.

Abstract

Pendidikan Islam merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan Nasional memiliki konstribusi yang besar dalam penanaman nilai dan budaya serta perilaku keberagaman pada setiap diri seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai dan budaya yang perlu dipertahankan sebagai hasil warisan pendidikan Islam pada generasi penerus dan metode pendidikan Islam dalam penanaman nilai-nilai dan budaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan data seperti jurnal, buku, modul, serta web yang dijadikan referensi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan dalam pendidikan Islam nilai yang perlu diwariskan adalah nilai-nilai yang terdapat dalam sumber ajaran Islam, yakni Al-quran dan sunnah yang menjadi inti dalam al-akhlaq al-karimah (budi pekerti) sebagai muara dari segenap aktivitas pendidikan. Melalui penanaman pendidikan Islam dengan berbagai metode, maka akan timbul kesadaran pribadi sebagai individu dan anggota masyarakat.

References

Al-habsyi, M. A. (1993). Al-Tarbiyah al-Islamiyah, terjemahan Bustami A. Ganidan Djohar Bahry, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Ct.VII. Bulan Bintang.

Almunawar, S. A. H. (2003). Aktualisasi Nilai-nilai Qurani Dalam Sistem Pendidikan Islam,Cet; Ciputat Press.

Arif, A. (2008). Reformasi Pendidikan Islam. CDRS pres.

Arifin, M. (2002). Filsafat Pendidikan Islam, Cet.III. Gramedia.

Bagus, L. (2002). Kamus Filsafat Cet. III. Gramedia.

Bahasa, T. P. K. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Cet. III. Bbalai Pustaka.

Darajat, Z. (2004). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Cet. III. Bumi Aksara.

Gazalba, S. (1978). Asas kebudayaan Islam Pembahasan Ilmu dan Filsafat tentang Ijtihad, Fiqih, Ahlak, Bidang-bidang Kebudayaan, Masyarakat, Negara, Cet.1. Bulan Bintang.

H.A.R.Tilaar. (2004). Paradigma baru Pendidikan Nasional, Cet.II. Rineka Cipta.

Kaheruddin. (2003). Pemikiran dan Nilai Etika Pendidikan Islam, Cet.I. Yayasan Pendidikan Makassar.

Langgulung, H. (1988). Pendidikan Islam Menghadapi Abad21 Cet.I. Pustaka Al-husna.

Mudyaharjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia Cet. I. Raja Grafindo Persada.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Cet.I. Al-Fabeah.

Poerbawatja, S. (1999). Enslikopedi Pendidikan,. Gunung Agung.

Qutb, M. (1984). Sistem Pendidikan Islam, Cet. I. PT.Al-Maa’rif.

Rahman., G. A. (1997). Pendidikan Islam dalam Pembangunan Moral, Remaja, Wanita, dalam Pembangunan. Yayasan Al-hakam.

Redaksi Ensiklopedi Nasional. (1988). Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid III Cet.I. PT. Cipta Adi pustaka.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan Islam Perspektif Islam, Cet. I. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-01-03

Issue

Section

Articles