PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ILMU TAJWID MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Rachmah Khairunnisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nancy Riana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.1821

Keywords:

Kemampuan, Ilmu Tajwid, Metode Demonstrasi

Abstract

Rendahnya pemahaman peserta didik di SMPN 46 Kota Bekasi Kelas VII 1A terhadap ilmu tajwid, membuat peserta didik sulit untuk membaca Al-Quran dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ilmu tajwid melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemis & Mc. Taggart sebanyak 2 siklus. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif, instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta didik terhadap ilmu tajwid melalui metode demonstrasi, yaitu pada pra siklus terdapat 4 dari 20 peserta didik yang tuntas berkisar 20%, pada siklus I terdapat 12 dari 20 peserta didik yang tuntas berkisar 60%, sedangkan pada siklus II terdapat 18 dari 20 peserta didik yang tuntas berkisar 90%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 70% dari pra siklus ke siklus II. Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan pemahaman peserta didik terhadap ilmu tajwid melalui metode demonstrasi.

References

Aldar. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran (BTA) Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII B SMP Negeri 1 Mambi Kabupaten Masama.†Skripsi 71.

Aulia, Fitri. 2020. “Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Quran Kelas V Di MIN 1 Bandar Lampung.â€

Dirawati, Neni. 2017. Pengaruh Lingkungan Masyarakat Dan Sekolah Serta Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan.

Ermawati. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar.†Wahana Didaktika 17(1):3.

Faizah, Mazidatul, Siska Binti Qoirot, and Mohamad Nasirudin. 2020. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim Dengan Bimbingan Fashohatul Lisan.†Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan 1(1):1–4.

Fince, Achmad Ramadhan, and Yusdin Gagaramusu. 2012. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas I SD Kecil Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong.†Jurnal Kreatif Tadulako Online 3(1):221.

Fitriyah, Ida. 2017. “Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Futuhiyyah Mranggen Demak.†Unissula 1.

Herkulanus, L., Kaswari, and Rosnita. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Kelas VI SD.†Jurnal Universitas Tanjungpura 4(12):11.

Ishaq, Ahmad Hanifuddin, and Ruston Nawawi. 2017. “Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah.†Qof 1(1):16. doi: 10.30762/qof.v1i1.926.

Ismail. 2021. “Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VIII Di MTs. Al-Jihad Buangin Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara.â€

Jannati, Iltiqoul. 2018. “Hubungan Antara Penguasaan Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.†2(1).

Jeklin. 2021. “Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi.†Skripsi 100.

Kambela, Adam Dwi. 2021. “Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Keterampilan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Neheri 17 Kota Bengkulu.†Skripsi 7–70.

Muhson, Ali. 2018. “Teknik Analisis Kualtitatif.†Teknik Analisis 1–2.

Nahdi, Dede Salim, Devi Afriyuni Yonanda, and Nurul Fauziah Agustin. 2018. “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA.†Jurnal Cakrawala Pendas 4(2):11.

Permatasari, Deasy, and Andri Falah. 2014. “APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : MADRASAH AR - RAHMAN BANDUNG).â€

Prihantoro, Agung, and Fattah Hidayat. 2019. “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.†Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1):56. doi: 10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Riadi, Muchlisin. 2012. Metode Demonstrasi dalam Belajar. Kajian Pustaka. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam-belajar.html

Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin.†17(33):84.

Shihab, Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah Volume 14. Jakarta: Lentera Hati.

Sukardiyono, Totok. 2009. “Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Dan Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas.†3.

Zarkasyi, imam. 1987. Pelajaran Tajwid. Vol. 23. Ponorogo: Trimukti Gontor Ponorogo.

Downloads

Published

2022-11-29

Issue

Section

Articles