SURVEI DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Kusno Setiadi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK BANGGAI
  • Novianty Djafri
  • Fory Armin Nawai
  • Nina Lamatenggo
  • Abdul Haris Panai
  • Zulaecha Ngiu

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1639

Abstract

Pelaksanaan desain pembelajaran, berfungsi untuk proses pembelajaran agar lebih terarah dalam mengahantarkan peserta didik kepada tujuan pembelajaran yang diharapkan. Sehingga, desain pembelajaran sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Menengah Atas pada Kabupaten Bone Bolango yakni SMAN 1 Kabila, SMAN 1 Tapa, dan SMAN 1 Bonepantai. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala SMA dan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan desain pembelajaran PAI pada SMA Kabupaten Bone Bolango guru mendesain pembelajaran dengan tahapan (1) mengidentifikasi tujuan umum pengajaran (2) menganalisis karakteristik peserta didik (3) merumuskan tujuan peformasi (4) menyusun butir-butir postes (5) mengembangkan strategi (6) menentukan alat, media dan sumber belajar (7) evaluasi sumatif pada saat ulangan harian dan penilaian akhir semester.

References

Dick, Walter, Lou Carey., & James O. Carey. (2003). The Systematic Design Of Instruction. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. Addison–Welswey Educational Publisher Inc.

Fitriani, Nur. (2016). Urgensi Perencanaan Pembelajaran Guru PAI Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Di SMKN 1 Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hasbullah, dkk. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Edureligia: Jurnal Pendidikan Islam. 3(1). 17-24. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v3i1.859

Moleong, L.J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Mudlofir, H. Ali. 2021. Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2015. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Jakarta: Bumi Aksara.

Piaget, Jean, 1988. Antara Tindakan dan Pikiran. diterjemahkan oleh Agus Cremers, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Uno, Hamzah B. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-04-19

Issue

Section

Articles