SURVEY PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Hasrat A Aimang Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608

Keywords:

Pembelajaran, Pandemi, masa covid 19

Abstract

Covid 19 merupakan bagian dari tantangan pada dunia Pendidikan, sekolah dituntut untuk mereposisi pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh sekolah, pola, dan strategi pembelajaran perlu dilakukan perubahan agar siswa tetap menerima pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Luwuk pada masa pandemic covid 19. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif berupa mengumpulkan permasalah dan menyimpulkan berdasarkan fenomena berdasarkan hasil wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pembelajaran yang dilakukan pada SMP Muhammadiyah Luwuk, pada masa covid 19, mengalami permasalahan hal ini dikarenakan beberapa keterbatasan yang dialami oleh siswa maupun guru

References

Izzatul Yuanita, D. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aswaja Siswa di Madrasah. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 144. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i1.561

Kusumawati, Y. (2020). Pembelajaran Dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Https://Organisasi.Sragenkab.Go.Id/Pembelajaran-Dari-Rumah-Selama-Masa-Pandemi-Covid-19/.

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 149–167.

Saputri, Nindi. L. R. D. (2022). Konsep Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19. Https://Labschoolfipumj.Sch.Id/Konsep-Pembelajaran-Di-Masa-Pandemi-Covid-19/.

Suheri Widianto. (2022). Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Http://Iai-Tabah.Ac.Id/Strategi-Pembelajaran-Pada-Masa-Pandemi-Covid-19/.

Widodo, A. (2015). Nurdyansyah, N., & Andiek Widodo, Menegemen Sekolah Berbasis ICT, (Sidoarjo : Nizamia Learning Center, 2015), 84. 1–11.

Downloads

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles