IMPLEMENTASI SIMPLYFICATION BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Siti Qomariah IAIN Salatiga
  • Hammam Hammam Institut Agama Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.1262

Keywords:

Learning, Islamic Religious Education, Simplification Blended Learning

Abstract

Pembelajaran dimasa pandemi menjadikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang efektif sehingga berdampak pada nilai peserta didik di SMP Negeri 3 Getasan menurun, untuk itu sekolah menyusun sistem pembelajaran yang berbasis simplification blended learning sebagai sarana untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan simplification blended learning dalam pembelajaran PAI serta  hambatan dan solusinya di SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang dalam masa pandemi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di lapangan (field research). Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta peneliti melakukan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa strategi sekolah dalam menerapkan  simplificstion blended learning sebagai sistem pembelajaran di masa pandemi. Dalam penerapannya sekolah menggabungkan dua metode pembelajaran baik secara daring maupun secara luring. Pembelajaran secara daring dilaksanakan melalui media whattsapp dan google classroom sedangkan pembelajaran secara luring dilaksanakan melalui tatap muka dan pengambilan tugas. Hasil pencapainya, simplification blended learning dapat menjadikan pembelajaran PAI di masa pandemi tetap efektif dan dapat memutus dampak learning loss dalam pendidikan.

References

Ahmad Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya.

Ananda, Annisa, and Saifuddin Zuhri. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar The Effect Of Online Learning In The Covid-19 Pandemic On Student Understanding Levels.†JURNAL SIGNAL: Ilmu Komunikasi – FISIP Universitas Swadaya Gunung Jati 8(2): 203–14.

Angraeni, E. (2018). SMPN 9 Bandar. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas VIII.â€

Giyarsi, G. 2020. “19, Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19.†GHAITSA : Islamic Education Journal 1: 224–44.

Hinsarita, Y. 2020. Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Media Blog. www.Sibatik.kemdikbud.go.id.

Imam, Syafe’i. 2015. “Tujuan Pendidikan Islam.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11): 151–66.

Istia’nah, A. 2017. “The Effect of Blended Learning To The Students’ Achievement In Grammar Class.†IJEE (Indonesian Journal of English Education), 1 (4): 59–63.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutaqinah, Rina, and Taufik Hidayatullah. 2020. “Implementasi Pembelajaran Daring ( Program BDR ) Selama Pandemi Covid-19 Di Provinsi Jawa Barat.†Widyaiswara LPMP Jawa Barat, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan Kab.Bandung Barat, Kota Bandung 6(September): 86–95.

Nasution, N, W. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Noval, A. 2020. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19.†UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Jurnal Islamic Education Manajemen 5(2): 201–20.

Nurudin, Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV. Sinar Baru.

Rohani, Ahmad. 2014. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadikin, Ali et al. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ).†BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(1): 214–24.

Setyawan, H. 2020. “Blended Method: Online-Offline Teaching And Learning, On Students’ Reading Achievement.†English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris 12(1): 22–33.

Slameto. 2020. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarman. 2014. “Jurnal Blended Learning Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep Dan Prosedur Pada Mahasiswa Yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: Universitas Mulawarman. 2(1):107-117.

Tuilan, J. 2020. “The Analysisi of Philosophical Foundation in a Book Entitled Model Blended Learning Berbasis Moodle.†Ejournal Universitas Negeri Manado: Journal Dinamiika Pembelajaran. 2(1): 1–10.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles