HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AYAT AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1252Keywords:
Profesionalisme Guru, Motivasi Menghafal Al-Qur'an, dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an HaditsAbstract
Al- Quran hadits suatu mata pelajaran yang terdapat dalam sekolah swasta maupun negri berbasis agama. Dalam proses pembelajarannya tidak jauh dari bagaimana cara mengetahui serta memahami makna yang terdapat dalam Al-Qur'an. Profesionalisme guru dan motivasi menghafal Al-Quran merupakan beberapa faktor yang dapat menjadi penunjang bagi perolehan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur'an hadits. Riset ini menggunakan  kuantitatif. Riset kuantitatif ialah jenis riset menyugukan dalam bentuk angka, dimana pengambilan data melalui survei angket yang di sebarkan melalui via google form. Hal ini bertujuan untuk  mengetahui berapa besar dampak faktor tersebut terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Quran hadits. Studi kasus dilakukan pada siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah dengan sampel responden sebanyak 32. Hasil perolehan data dianalisa menggunakan SPSS 21 menunjukkan bahwa Profesionalisme Guru dan Motivasi Menghafal Al-Qur'an memiliki hubungan yang signifikan terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits.References
Afriandi, N. H. S. G. M. M. (2020). Motivasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Menghafal Al-Qur’an Siswa. Jurchnologynal of Intructional Te, 01(02), 47–55.
Akbar, R. (2015). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Andriana, D. N. (2014). Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Dan Gaya Belajar Berpengaruh Terhadap Pemahaman Ekonomi. 02(01), 42–56.
Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ari Susandi, Irmawati Aprilia, Ningsih, R. hilmy L. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo. 6(1), 85–91.
Asyik, M. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Islam Negeri Raden fatah Palembang.
Benny Prasetiya, Ulil Hidayah, A. D. (2019). Hubungan Gaya Kognitif dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar. 2(02), 120–131. https://doi.org/10.29240/belajea.v4iL
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. 12(2), 106–124.
Dea Kiki, N. Z. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran. 4(1), 41–47.
Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi. 3(1), 24–35.
Dhian Wahana Putra, K. U. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Siswa. 11(1), 83–92.
Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment. 5(2), 781–790.
Faishal, M. (2013). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur ’ An Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur ’ An. Univertas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Fauzi, M. R. (2020). Fungsi Al qur’an Di Sekolah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fithriani, M. (2017). Pengaruh kompetensi profesional guru dan minat baca siswa terhadap hasil belajar al quran hadis kelas x man bintuhan kabupaten kaur. 2(20).
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. 3(1), 1–6.
Huda, W. Al. (2015). Teori-Teori Motivasi. 1(83), 2–11.
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 221–228.
Imam Suwardi Wibowo, R. F. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 3(2), 181–202.
Irfan. (2019). Pengaruh Profesionalisme Guru Penjas Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa.
Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. 120–126.
Nasution, M. F., & Chairani, U. (2016). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kewirausahaan. Niagawan, 3, 1–4.
Prasetiya, B. (2018). Analisis Kuantitatif Korelasi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 11(2), 91–108.
Prasetiya, B. (2019). Analisis Studi Korelasional Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 5(2), 165–184.
Ratika Sari Dewi, Taufani C, Kurniatun, A. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. 17(1), 150–158.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. I, 189–212.
Sari, M. D. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru. 1–16.
Sarnoto, A. Z. D. S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa. Profesi, 6(2), 43–56.
Sholeh, A. (2021). Kontribusi Profesionalisme Guru Kelas dan Minat Baca Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Pembelajaran Tematik Integratif. 3(3), 777–784.
Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendas, 4(1).
Sutisna, R. M. aking S. P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Quantum Teaching Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits. 3(8), 1220–1231.
Syahrudin. (2021). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Iain Ambon. Institut Agama Islam Negeri Ambon.
Thomas, T. R. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. 6(3), 711–726.
Warman, B. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi. 1(1), 31–45.