PENGARUH PROJECT-BASED ONLINE LEARNING TERHADAP VISUAL LITERACY SKILL SISWA SMK JURUSAN MULTIMEDIA

Authors

  • AFIFFAH AGUSTINA Universitas Negeri Surabaya
  • RUSIJONO RUSIJONO Universitas Negeri Surabaya
  • UTARI DEWI Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Online learning, Literasi Visual, Multimedia

Abstract

Penelitian dilakukan dengan berdasar pada permasalahan yang muncul yaitu rendahnya visua literacy skill siswa SMK jurusan multimedia. Yang mana idealnya siswa SMK urusan multimedia memiliki visual literacy skill yang tinggi, sebagai bentuk kemampuan penunjang mereka dalam membuat dan mengembangkan sebuah media. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dilakukan uji coba untuk meningkatkan visual literacy skill siswa dengan memanfaatkan model pembelajaran project-based online learning. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project-based online learning terhadap visual literacy skill siswa SMK jurusan multimedia. Dengan desain penelitian eksperimen dan analisis data menggunakan independent sample t-test diperoleh hasil adanya perbedaan yang signifikan antara nilai kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project-based online learning terhadap visual literacy skill siswa SMK jurusan multimedia.

References

Avgerinou, M. D. (2007). Towards a Visual Literacy Index. Journal of Visual Literacy, 1-18. https://doi.org/10.1080/23796529.2007.11674644

Avgerinou, M. D. (2009). Re-Viewing Visual Literacy in the "Bain d'Images" Era. TechTrends, 28-34. https://doi.org/10.1007/s11528-009-0264-z

Capraro, Robert M., and Scott W. Slough. (2013). WHY PBL? WHY STEM? WHY NOW? AN INTRODUCTION TO STEM PROJECT-BASED LEARNING: AN INTEGRATED SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) APPROACH. Rotterdam: Sense Publishers.

Creswell, J. W. (2014). RESEARCH DESIGN: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Dewi, U. (2020). Model Project Based Online Learning. Batu: CV. Beta Aksara.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems. 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Elkins, J. (2009). Visual Literacy. New York: Routledge.

Emanuel, R., & Lipton, S. C. (2013). Visual Literacy and the Digital Native: Another Look. Journal of Visual Literacy. https://doi.org/10.1080/23796529.2013.11674703

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education - 8th ed. New York: McGraw-Hill.

Hattwig, D., Bussert, K., Medaille, A., & Burgess, J. (2013). Visual Literacy Standards in Higher Education: New Opportunities for Libraries and Student Learning. Libraries and The Academy, 61-89. https://doi.org/10.1353/pla.2013.0008

Koh, J. H., Herring, S. C., & Hew, K. F. (2010). Project-Based Learning and Student Knowledge Construction During Asynchronous Online Discussion. Internet and Higher Education, 284-291. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.09.003

Patterson, C. (2019). Visual literacy skill: How To See. Virginia: The Great Courses.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tan, J. C., & Chapman, A. (2016). Project-Based Learning for Academically-Able Students. Rotterdam: Sense Publishers.

Downloads

Published

2021-06-18

Issue

Section

Articles